Baksos

Puluhan Balita Bibir Sumbing Jalani Operasi

NETIlustrasi
A A A

ACEH TIMUR – Sebanyak 41 balita penderita bibir sumbing menjalani operasi secara gratis. Bakti Sosial (Baksos) Operasi Bibir Sumbing IV Tahun 2020 itu dipusatkan di RSUD Dr Zubir Mahmud, Jumat (6/3/2020).

Baksos tersebut terwujud berkat kerjasama antara Lembaga Smile Train Wilayah Aceh dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur.

Koordinator Smile Train Wilayah Aceh, Rahmad Maulizar, dalam laporannya menyebutkan, pihaknya mendatangkan beberapa spesialis bedah plastik dari Banda Aceh, seperti dr Muhammad Jailani Sp BP ER (K), dan dibantu beberapa spesialis bedah dari Aceh Timur, seperti dr Samsul Bahri SPB dan dr H Munawwir Sp B.

Selain balita di Aceh Timur, beberapa penderita bibir sumbing juga berasal dari Kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Utara.

"Program sosial kita akan terus kita galakkan di Aceh, sehingga kelak dewasa anak-anak yang dulunya menderita bibir sumbing ini bisa tersenyum manis dan tampil penuh percaya diri," sebut Rahmad Maulizar.

Semetara Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib atau Rocky, dalam amanatnya mengajak, seluruh masyarakat kurang mampu yang memiliki balita mengalami bibir sumbing segera bawa dan daftarkan, sehingga bisa dilakukan operasi secara gratis.

"Baksos ini sudah empat kali, alhamdulillah kerjasama ini sudah membantu masyarakat. Muda-mudahan baksos ini bisa berlanjut di tahun berikutnya," kata dia.

Disisi lain, Rocky mengatakan bahwa kesehatan itu sangat berharga. Oleh karenanya masyarakat diharap menjaga pola hidup agar tetap sehat.

"Makan makanan yang sehat dan bergizi dan minum air yang bersih serta jaga kebersihan lingkungan," harap Rocky seraya meminta pendampingi Program Keluarga Harapan (PKH) untuk mengupdate data sosial ditengah-tengah masyarakat.

Hadir antara lain Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro SIk MH. Kajari Aceh Timur Abun Hasbulloh Syambas SH MH, Pabung Makodim 0104/Aceh Timur Kapten Inf. Jumadi, Direktur RSUD Dr Zubir Mahmud Aceh Timur dr H Edi Gunawan MARS, Direktur RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak, dr. H Munawwir Sp B Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur, H Usman A Rachman SH MM, anggota DPRK Aceh Timur M Yahya YS, dan sejumlah pimpinan OPD lainnya.

Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...