Sekretaris Pusham Unsyiah, Suraiya Kamaruzzaman, menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 20 Januari 2022 episode ke 44 Tahun ke II dengan tema: Apakah Cambuk Solusi Terakhir Bagi Predator Seksual?, yang dipandu oleh host Siti Aminah Jangan lupa subsribe like share dan comment.

INFO PUBLIKASI

PT Sumber Alam Sejahtera Pelaksana Pembangunan Proyek Rusun Politeknik Lhokseumawe

Foto: Proyek Rusun Politeknik Lhokseumawe yang masih dikerjakan dibawah Perusahaan PT Sumber Alam Sejahtera.
A A A

LHOKSEUMAWE - Proyek Rumah Susun (RuSun) di Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh merupakan program pemerintah pusat sedang dalam tahap pengerjaan yang dibangun oleh PT Sumber Alam Sejahtera.

Dimana, pembangunan proyek rusun bersumber dari APBN Tahun 2021 yang dikerjakan oleh perusahaan pemenang tender PT Sumber Alam Sejahtera dengan nilai kontrak Rp 12 milyar dan pengawasan PT Bumi Toran Kencana Rp 1 milyar ditargetkan akan tuntas pada tahun 2022 sesuai dengan kontrak kerja.

Sebagai perusahaan pemenang tender, tujuan pembangunan rumah rusun dilakukan sesuai yang diamanatkan dalam UU No 16 tahun 1985 Tentang  Rumah Susun, yaitu untuk memenuhi kebutuhan perumahan yang layak bagi rakyat, terutama bagi golongan masyarakat yang berpenghasilan menengan kebawah yang menjamin kepastian hukum dalam pemanfaatannya.

Seperti Halnya pembangunan Rumah Susun Politeknik Negeri Lhokseumawe ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut, apalagi bagi para mahasiswa yang berasal dari luar kota.

Foto: Para Pekerja di Proyek Rusun Politeknik Negeri Lhokseumawe Dilengkapi Seragam dan Alat Pelindung Diri Untuk Mengantisipasi Resiko Kecelakaan Kerja.

Tak hanya itu, seperti terlihat digambar diatas sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman di bidang jasa konstruksi, PT Sumber Alam Sejahtera sangat mengedepankan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi (K3) untuk menjamin dan melindungi keselamatan bagi para pekerja. Sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 05/PRT/M/2014. Tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum.

Direktur PT Sumber Alam Sejahtera, Haryanto ST kepada Acehimage.com mengatakan, proyek rusun yang sedang dikerjakan di politeknik negeri Lhokseumawe itu merupakan perusahaan miliknya, ia menyebutkan, dirinya akan menargetkan pembangunan itu tuntas pada tahun 2022 sesuai dengan kontrak kerja.

"Karena pembangunan rusun itu merupakan proyek multi years, dan saya sebagai perusahaan pemenang tender dan saya yang tanggungjawab hingga tuntas sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya dan Spesifikasi." kata Harianto. Sabtu 4 Desember 2021.

Ia menambahkan, perusahaan pemenang tender proyek tersebut tidak benar angkat kaki alias lari dari pekerjaan, apalagi digantikan oleh perusahaan lain yang ditunjuk oleh satker penyediaan rumah Aceh. Karena perusahaan saya yang menang tender, maka saya yang kerja." kata Haryanto.

Foto: Proyek Rusun Politeknik Negeri Lhokseumawe Sudah  Berlanjut Dibangun Ke Lantai 3 

Hal tersebut dibenarkan Satker Penyediaan Perumahan Aceh, Frand selaku PPK proyek pembangunan Rusun di Politeknik Negeri Lhokseumawe kepada media mengatakan, proyek pembangunan Rusun tersebut dikerjakan oleh rekanan perusahaan pemenang tender.

Frand menjelaskan, pembangunan proyek Rusun politeknik negeri Lhokseumawe tersebut masih dalam tahap pembangunan, dimana pihak rekanan pemenang tender masih memacu pekerjaan Rusun tersebut, kata Frand, pembangunan proyek tersebut dikerjakan oleh rekanan pemenangkan tender.

"Tidak benar, kalo informasi, bahwa rekanan pemenang tender proyek itu bermasalah dan lari dari pekerjaan. Dan saya tidak menggantikan dengan perusahanaan rekanan lain." kata Frand kepada acehimage.com. Kamis 02 Desember 2021.

Frand menyebutkan, terkait informasi rekanan proyek lari maupun adanya pergantian perusahaan, Frand mengatakan, mungkin pihak yang menyampaikan informasi itu hanya berpersepsi.

Foto: Pemasokan Bahan Material untuk Kebutuhan Melanjutkan Pembangunan Proyek Rusun Politeknik Negeri Lhokseumawe Ke Lantai 3.

Dijelaskan, proyek Rusun tahun 2021 itu ditargetkan selesai pada tahun 2022. Karena pada tahun 2021 proyek tersebut mengalami refucusing, 50 persen dari pagu anggaran dipotong. Karena ini proyek multi years, maka dilanjutkan pada tahun depan.

Saat disinggung tidak ada penerapan K3 bagi para pekerja, kata frand tetap ada." K3 itu tetap ada. Kita tetap berlaku k3 bagi pekerja, karena itu adalah keutamaan yang wajib dilakukan perusahaan, demi keselamatan bagi para pekerja." kata Frand.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...