Ketua Komisi VI DPR Aceh, Tgk. H. Irawan Abdullah, S.Ag menjadi narasumber peHTem edisi Senin 9 Agustus 2021 episode 63 dengan tema: Biaya Pendidikan Dayah MUQ Pagar Air Selangit, Kucuran Dana Dayah Aceh Kemana? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Ini Lokasi Pengelolaan Air Limbah

Proyek IPAL Berhenti atau Pindah?

AK JailaniProyek Instalansi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Gampong Pande Kota Banda Aceh
A A A

BANDA ACEH - Kondisi situs sejarah dan cagar budaya Islam di Kota Banda Aceh, termasuk situs makam para ulama dan umara Kerajaan Aceh Darussalam yang terlantar akibat proyek pembangunan modern, telah memicu keprihatinan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh dengan tegas menolak rencana pemerintah untuk melanjutkan proyek Instalansi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Gampong Pande, Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh.

Menurut sejarawan dan Arkeolog Aceh Husaini Ibrahim pembangunan proyek Instalansi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Gampong Pande Kota Banda Aceh tidak dibangun pada zona inti pertama situs sejarah, melainkan di zona kedua.

"Jadi itu masuk zona inti dua, bukan zona inti satu. Kalau zona inti satu masih luas termasuk rawa-rawa di kawasan tambak itu," kata Husaini Ibrahim

Sebelumnya Gerakan anak sadar sejarah Aceh melakukan demontrasi ke Balai Kota Banda Aceh, yang menuntut agar Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menghentikan lanjutan proyek IPAL di Gampong Pande karena berada di kawasan situs sejarah.

"Kami meminta kepada Wali Kota Banda Aceh untuk segera membatalkan kembali proyek IPAL di Gampong Pande itu," kata Koordinator Aksi Aiman.

"Proyek IPAL memang perlu, tetapi jangan dibangun di lokasi penemuan situs sejarah, karena itu harus dilestarikan. Setidaknya jangan hilangkan sejarah," ujarnya.

Namun lokasi proyek Pengelolaan Air Limbah tersebut terlihat terbengkalai dan hingga saat ini belum jelas atau Proyek IPAL Berhenti atau Pindah? Foto udara yang dijepret melalui drone Phantom 4 pro plus. Berikut foto-foto pilot drone AK Jailani.

Rubrik:FOTO

Komentar

Loading...