Isu dugaan pembelian tiga unit Kapal Aceh Hebat oleh Pemerintah Aceh yang diduga barang bekas terus bersileweran di laman media sosial. Apalagi setelah terjadi aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Perhubungan Aceh tepatnya di Jalan Mayjend T Hamzah Bendahara No 52, Kuta Alam, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh beberapa waktu lalu. Bermula dari itu, masyarakat di Aceh ingin mengetahui terkait informasi akurat mengenai pengadaan Kapal Aceh Hebat, 1, 2, dan 3 tersebut. "Cuma kita lihat dari luar aja, cuma ditekan tombol besar sebagi bukti peluncuran ke laut. Lalu kami diajak ke tempat makan-makan dengan alasan kapal balik lagi," kata sumber media ini yang mengaku hadir pada saat itu.

Prabowo Keluarkan 9 Pedoman Kegiatan Pertahanan RI

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto
A A A

JAKARTA -- Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyampaikan sembilan kebijakan pertahanan Indonesia tahun 2021.

Kebijakan pertahanan tersebut, merupakan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan Kementerian Pertahanan.

Dilansir antara.com, 14 Januari 2021 bahwa sembilan kebijakan yang menjadi pedoman penyelenggaraan Kementerian Pertahanan yaitu :

Pertama, melanjutkan penanganan pandemi Covid-19 melalui upaya peningkatan kapasitas pertahanan yang berupa sarana prasarana, dan pelayanan kesehatan Rumah Sakit Kemhan dan TNI.

Kedua, penyiapan Sumber Daya Manusia Pertahanan Negara melalui pembentukan program Sarjana S1 Unhan.

Ketiga, penguatan fungsi pembinaan sumber daya pertahanan dan pembangunan cadangan logistic nasional.

Keempat, melanjutkan pembangunan postur TNI untuk pemenuhan kekuatan pokok melalui modernisasi Alutsista matra darat laut dan udara, dan pengembangan personel dengan menerapkan rightsizing dan proportional grows yang disesuaikan dengan pengembangan satuan TNI.

Kelima, adanya pembentukan komponen cadangan matra darat, laut, serta matra udara yang disesuaikan dengan kebutuhan matra guna memperkuat komponen utama.

Keenam, penguatan kerjasama pertahanan dan keamanan khususnya dengan negara-negara ASEAN dan kawasan Pasifik Selatan.

Ketujuh, penguatan pertahanan di wilayah-wilayah Selat Strategis dengan memperkuat costal missile defence system dan costal surveillance system.

Kedelapan, pengembangan industri pertahanan nasional melalui peningkatan promosi kerjasama dan mengimplementasikan kebijakan imbal dagang, kandungan lokal untuk meningkatkan kemampuan industri.

Kesembilan, pembangunan wilayah pertahanan yang bertumpu pada pulau-pulau besar secara mandiri, dengan melakukan penyiapan cadangan pangan, air, energy.

Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...