Juru Bicara Partai Aceh, Nurzahri ST, narasumber peHTem edisi Kamis 24 Juni 2021 episode 50 dengan tema: Dewan Partai Aceh Sibuk Pokir, Peringatan Muzakir Manaf Serius atau Sensasi?, dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Polri Ajukan Tambahan Rp28,58 T, Begini Respon Anggota DPR Komisi III

Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto.Merdeka.com
A A A

JAKARTA - Anggota Komisi III Didik Mukrianto berharap penggunaan anggaran di Polri harus transparan dan akuntabel, serta ramah terhadap partisipasi publik. Sebagaimana diberitakan, Polri mengajukan tambahan sebesar Rp 28,58 triliun untuk tahun 2022.

Dia melanjutkan, transparan dan akuntabel itu khususnya dalam hal belanja barang serta modal termasuk pengelolaan dan penggunaannya. Sebab melibatkan anggaran yang cukup besar, seperti permohonan tambahan di TA 2022 ini.

Menurut dia, politik anggaran bukan hanya berbasis kebutuhan belanja sesaat atau tahunan. Melainkan harus dipastikan perencanaannya yang terintegrasi dan berkesinambungan dengan road maps pengelolaan Polri secara institusi.

"Termasuk perwujudan reformasi Kepolisian yang hingga saat ini belum selesai," ujar dia, saat dihubungi, Selasa 8 Juni.

Selanjutnya, politik anggaran pun harus selaras dan terintegrasi dengan target dan capaiannya. Dalam upaya pemenuhan dan pembenahan renstra jangka panjang, menengah dan prioritas yang dimiliki Polri.

"Karena politik anggaran ini bukan berbasis berdiri sendiri dalam tahun anggaran yang bersangkutan, tapi harus menjadi satu kesatuan dalam politik anggaran jangka panjang dan menengah dalam membangun institusi Kepolisian yang modern, kuat dan berkeadaban," lanjut politisi Demokrat ini.

Harapan ini, lanjut dia, diutarakan sebagai upaya Komisi III untuk memastikan setiap mitranya bisa memaksimalkan kinerjanya. Termasuk institusi kepolisian. Dengan demikian, Polri mampu menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat dengan baik, memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, dan juga melakukan penegakan hukum yang adil.

"Kami ingin memastikan bahwa keberpihakan anggaran untuk Polri bisa digunakan setransparan dan seefisien mungkin dalam mewujudkan kinerja Kepolisian," tandasnya.[]

Sumber:Merdekacom
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...