Pengamat Kebijakan Publik, Dr. Nasrul Zaman, ST, M.Kes, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin 4 Juli 2022 episode ke 91 Tahun ke II dengan tema: Banda Aceh Terutang, Pejabat Ramai-Ramai Pelisiran Ke Medan, Ada Apa?, yang dipandu oleh host Siti Aminah, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Cegah Wabah PMK

Polisi Periksa Angkutan Hewan Ternak

SupriadiPetugas gabungan melakukan Lockdown atau penyekatan di pintu masuk di Kabupaten Aceh Barat.
A A A

ACEHIMAGE.COM - Petugas gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perternakan & Perkebunan serta masyarakat Kabupaten Aceh Barat memperketat pengawasan jalur keluar masuk hewan ternak di perbatasan antar kabupaten.

Pengawasan tersebut dilakukan dengan cara membangun pos cek point guna memaksimalkan pencegahan masuknya hewan ternak  berpenyakit PMK ke daerah itu.

Kabag Ops Polres Aceh Barat, Kompol Iswar mengatakan, pendirian post cek poin yang terletak di Desa Gunong Kleng, Kecamatan Meureubo tersebut, guna mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang kini sedang mewabah sejumlah kabupaten di Aceh .

”Kita di sini lakukan pemeriksaan ternak yang lewat atau diangkut menggunakan mobil, hewan tersebut meliputi Sapi, Kerbau, Domba dan Babi, karena dianggap bisa terlular dan membawa wabah PMK,” kata Iswar kepada wartawan, pada Minggu 15 Mei 2022.

Menurutnya, meski sejauh ini belum ditemukan adanya  kasus PMK di kota Meulaboh, petugas tetap mengawasi dan melakukan penyekatan secara ketat, terhadap keluar masuk hewan  ternak sebagai bentuk penanganan dini, agar tak membahayakan hewan milik warga lainnya.

Petugas juga bersiaga selama 24 jam di pos cek point, ditakutkan ada pihak-pihak tertentu yang nantinya sengaja memilih waktu tertentu untuk bisa membawa masuk ternak. Kendati, juga memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat agar tidak khawatir tentang wabah PMK.

”Pos cek poin tak terbatas, kalau operasi 24 jam, hewan ternak yang keluar atau masuk akan diperiksa, baik segi dokumen resmi maupun kesehatannya,” sebutnya.

Jika nantinya ditemukan adanya ternak berpenyakit, maka petugas akan segera mengevakuasi ke tempat yang lebih aman.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...