Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan kewenangan kepada 14 kabupaten/kota di Aceh bersama 88 Kabupaten/Kota lainnya yang berstatus zona hijau atau belum terdampak Covid-19, untuk membolehkan masyarakat melaksanakan kegiatan yang produktif.

Plt Gubernur Aceh Tinjau Lokasi Banjir Bandang

SAMSUDINPlt Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah MT meninjau lokasi banjir bandang di Kampung Paya Tumpi Baru, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah.
A A A

ACEH TENGAH – Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah meninjau lokasi banjir bandang di Kampung Paya Tumpi Baru, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah yang terjadi beberapa hari lalu, Sabtu(16/5/2020)

Tidak berselang lama setelah Plt Gubernur Aceh melihat kondisi terkini pasca banjir bandang yang menghanyutkan lima unit rumah warga Paya Tumpi, dan sempat berintraksi dengan korban bencana barulah rombongan Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubar tiba dilokasi, yang turut didampingi Kapolres Aceh Tengah, Dandim 0106 Aceh Tengah Bener Meriah.

Plt Gubernur Aceh kemudian menyerahkan bantuan kepada korban bencana yang berada di lokasi bencana banjir bandang tepatnya di Kampung Paya Tumpi Baru.

Usai menyerahkan bantuan, kepada awak media Nova Iriansyah menyampaikan, keperihatinan terhadap semua musibah, bukan hanya di Aceh Tengah dan Bener Meriah tapi juga di Abdiya, Aceh Utara, Pidei Jaya, Aceh Besar.

"Atas nama Pemerintah Aceh, dan atas nama pribadi keluarga saya berduka dan prihatin," ujar Nova yang turut didampingi Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri, Anggota DPRA Aceh Alaidin Abu Abas, Bardan Saidi dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati

Kedua, sambung Nova yang sangat urgen tentu menjadi keutamaan yang harus ditangani di Kampung Paya Tumpi ini yang dilanda Banjir bandang.

"Yang pertama tanggap daruratnya dulu seperti biasa, yang kedua kontruksi yang rusak kita perbaiki dan hari ini terbukti bahwa jalan nasionalnya ini jembatan. Saya berpesan juga kepada Menteri melalui kepala balai PU Bina marga di Aceh saya minta ini dikembalikan ke jembatan, ini lalu lintas Air yang kemudian ditimbun dan hanya disalurkan melalui saluran gorong-gorong yang volumenya sangat tidak memadai," sebut Ketua DPD Partai Demokrat Aceh ini.

Terkait hal tersebut Nova meminta untuk didesain ulang dikembalikan ke jembatan sehingga lalu lalang air bisa sesuai dengan debitnya .

"Dan itu teknisnya ditangani kementrian PUPR dengan APBN. Mengenai infrastruktur kampung yang rusak, nanti segera kita tangani, kita mulai dari rumah yang hanyut sama sekali. Kemudian kedua rumah yang rusak harus segera renovasi direhab baik itu rusak ringan maupun rusak berat. Dan kemudian yang paling penting pemulihan trauma pasca musibah ini," pungkasnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...