Pengamat Lingkungan Hidup dan Hukum Lingkungan, Muhammad Nur kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 12 Desember 2022 episode ke 33 Tahun ke 3 dengan tema: Hutan Aceh Habis Dibabat, Tambang Illegal Investasi Bodong? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari, M.Lit.J, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Pimpinan MPU Aceh Masa Bakti 2022-2027 Dikukuhkan

Humas MPU AcehPenyerahan palu sidang
A A A

Ketiga-tiga kegiatan ini tidak akan pernah berhasil kita lakukan apabila kebersamaan dan kekompakan diantara kita sebagai anggota majelis permusyawaratan ulama tidak berjalan seiring dan sejalan

Tgk. H. Faisal Ali Ketua MPU Aceh

ACEHIMAGE.COM - Pimpinan MPU Aceh periode masa bakti 2022-2027 secara resmi dikukuhkan dalam Sidang Paripurna Istimewa-II Tahun 2022 MPU Aceh yang diselenggarakan di Aula Tgk H Abdullah Ujong Rimba, Selasa (24/5/2022).

Prosesi pengukuhan ini disaksikan langsung oleh Hakim Tinggi Mahkamah Syariah Aceh, Drs H Anshary MK SH MH yang hadir sebagai saksi.

Tgk. H. Faisal Ali (Abu Faisal) yang dikukuhkan sebagai Ketua MPU Aceh, mengucapkan ikrar sumpah yang diikuti tiga Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Hasbi Albayuni/Abi Bayu (Wakil Ketua-I), Dr Tgk H Muhibbuthabari MAg/Abon Muhib (Wakil Ketua-II dan Dr Tgk H Muhammad Hatta Lc MEd/Abiya Hatta (Wakil Ketua-III).

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs Bukhari MM yang hadir dan menyaksikan langsung prosesi pengukuhan menyampaikan bahwa dengan ketentuan-ketentuan tugas dan wewenang MPU Aceh berdasarkan pasal 4 Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2009 tentang Majelis Permusyawaratan Ulama MPU Aceh, seperti memberikan pertimbangan terhadap pemerintah, memberikan nasehat dan mengeluarkan fatwa, sudah sepatutnya Pemerintah Aceh mensupport segala tugas-tugas MPU Aceh kedepan.

"Berdasarkan ketentuan tersebut maka sudah sepatutnya Pemerintah Aceh berkomitmen untuk selalu mendukung kelancaran tugas-tugas MPU. Sehingga diharapkan berbagai permasalahan pemerintahan, pembangunan, ekonomi, sosial budaya dan tugas kemasyarakatan lainnya yang kita hadapi, dapat diselesaikan secara bijaksana, efektif, efesien serta mengedepankan budaya yang Islami," sebut Bukhari saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Aceh.

Lanjutnya, dalam sambutan tertulis tersebut, Gubernur juga mengakui selama ini MPU Aceh telah banyak memberikan kontribusi positif dalam pembanguan di Aceh, meliputi bidang pemerintahan, ekonomi, sosial dan kemasyarakatan, bidang politik, dan bidang-bidang lainnya.

"Kami juga menyampaikan apresiasi mendalam kepada MPU Aceh selama ini telah membangun kerjasama dengan menjadi mitra yang kritis untuk mengawa setiap kebijakan pemerintah daerah," lanjutnya.

Oleh karenanya Gubernur berharap hubungan dan komunikasi yang baik selama ini antara Ulama dan Umara harus terus dirawat dan tetap dipelihara, agar menjamin keberlangsungan pembangunan dalam mewujudkan masa depan Aceh yang lebih baik.

"Peran ulama terutama atas nama lembaga MPU dalam membangun Aceh sangat kita butuhkan, sebab sebagai pemimpin umat ditengah masyarakat, maka Ulama memiliki peran strategis dalam mencerdaskan dan membimbing umatnya," harap Gubernur dalam sambutan tertulisnya.

Sebelumnya Ketua MPU Aceh masa bakti 2022-2027, Tgk H Faisal Ali usai dikukuhkan menyampaikan bahwa MPU Aceh memiliki tiga tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan penyamaan misi kedepan.

"Ketiga-tiga kegiatan ini tidak akan pernah berhasil kita lakukan apabila kebersamaan dan kekompakan diantara kita sebagai anggota majelis permusyawaratan ulama tidak berjalan seiring dan sejalan," jelas Abu Faisal.

Pada kesempatan ini juga, Abu Faisal mengajak seluruh anggota MPU Aceh masa bakti 2022-2027 untuk mencurahkan pikirannya dalam menyusun Tata Tertib MPU Aceh.

"Oleh karenanya, kami pimpinan MPU Aceh sangat mengharapkan peran serta dan curahan pikiran seluruh peserta sidang paripurna MPU Aceh tahun 2022 agar dapat menghasilkan keputusan dan peraturan tata tertib yang terbaik," harap Abu Faisal.

Turut hadir dalam pengukuhan pimpinan MPU Aceh ini, unsur forkopimda Aceh serta sejumlah Kepala Dinas terkait lainnya.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...