Pengamat Kebijakan Publik, Dr. Nasrul Zaman, ST, M.Kes kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 28 November 2022 episode ke 29 Tahun ke 3 dengan tema: Pemko Banda Aceh Terutang Akibat Mantan Bankir Tak Becus Pimpin Kota? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda, Ini Pesan Sekda Aceh Utara

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Dr. A Murtala, MSi,
A A A

LHOKSUKON - Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Dr. A Murtala, MSi, menjadi inspektur upacara memperingati Sumpah Pemuda ke-94, berlangsung di lapangan upacara Landing, Kota Lhoksukon, Jumat, 28 Oktober 2022.

Di awal sambutannya, Dr. A Murtala, MSi, memberikan sambutan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Pada kesempatan itu Sekdakab Aceh Utara Dr. A Murtala, MSi, mengatakan tema peringatan HUT Sumpah Pemuda ke-94 tanggal 28 Oktober 2022 adalah "Bersatu Bangun Bangsa".

Peringatan hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, yang kemudian diteladani sebagai inspirasi pemuda sehingga menjadi langkah baru menuju visi misi bangsa yang besar.

Murtala juga mengatakan, sumpah pemuda yang dilaksanakan pada 28 Oktober 1928, memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi dan menghargai perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai prioritas apa yang menjadi kekuatan.

Sejarah telah menjelaskan bahwa, Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak  baru dan kuat menuju kemerdekaan.

 Bagaimana Peran pemuda dalam membangun visi misi kebangsaan yang mana pada waktu itu rangkaian pergerakan pemuda mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. "Ujar Murtala".

Murtala menambahkan bahwa, Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting. Mengingat bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia tentunya, berbagai ancaman selalu ada.

Tema "Bersatu Bangun Bangsa" memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan. Pemuda hari ini adalah generasi-generasi penerus Pemimpin  yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilainya persatuan di atas segala-galanya. Pemuda tidak hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan Indonesia  Emas 2045, akan tetapi, juga  menjadi  tulang  punggung  untuk  kejayaan  bangsa.

Murtala menghimbau untuk melibatkan para pemuda dalam berbagai ranah keahlian. tentunya, di barengi dulu dengan pembentukan karakter dan pengembangan kompetensi, sehingga dapat mengasah kreativitas pemuda dalam menelurkan berbagai inovasi-inovasi membangun.

"Akan tetapi sejauh ini, Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia yang telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang. Baik, pada level nasional maupun pada level internasional.

Hal ini menjadi warna baru untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun di sisi lain, kita juga mengkhawatirkan dalam menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan.

Situasi ini menjadi PR kita bersama dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta mampu mencapai prestasi tinggi". Ungkap Murtala.

Akhir kata, murtala mengajak semua elemen untuk  mengsinkronisasi dan berkolaborasi dengan pemuda untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

Dalam Upacara yang berlangsung khidmat tersebut, yang Bertindak sebagai perwira upacara Muhammad Irfan, SSTP, pemimpin upacara Ananda Afdhal, S.Tr.IP, pembaca pembukaan UUD ‘45 Ainul Hamdi,  S.Tr.IP, dan pembaca Teks Kongres Pemuda Indonesia 1928 Tgk Jamaluddin, SHI, (Pengurus DPD KNPI Aceh Utara).

Turut dihadiri oleh para pejabat Forkopimda, di antaranya perwakilan dari Korem 011/Lilawangsa, Dan LANAL Lhokseumawe, perwakilan Ketua DPRK Aceh Utara Azali Fuadi, perwakilan Dandim 0103/Aceh Utara, Kapolres Aceh Utara, Kajari Aceh Utara, Ketua PN Lhoksukon, dan Ketua Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon, para pengurus DPD KNPI Kabupaten Aceh Utara, dan sejumlah ASN Pemkab Aceh Utara.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...