Pengamat Politik, Taufiq A Rahim, SE, M.Si, Ph.D kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 4 November 2023 episode ke 31 Tahun ke IV dengan tema: Disharmonisasi Antara Eksekutif dan Legislatif Benarkah Rakyat Menjadi Korban? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS Jangan lupa like share comment and subscribe.

Pemahaman Ideologi Pancasila

PETA Beri Pendidikan Karakter kepada 100 Pemuda di Aceh Barat

SITI AISYAHFront Pembela Tanah Air (PETA) melakukan kegiatan pendidikan karakter dan pelatihan dasar organisasi bagi 100 pemuda yang merupakan para calon kader lembaga tersebut, Minggu (8/12/ 2019).
A A A

ACEH BARAT - Organisasi Masyarakat (Ormas) Front Pembela Tanah Air (PETA) melakukan kegiatan pendidikan karakter dan pelatihan dasar organisasi bagi 100 pemuda  yang merupakan para calon kader lembaga tersebut, Minggu (8/12/ 2019).

Kegiatan yang berlangsung di Desa Gampa, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, tepatnya dibelakang gedung kampus STAIN TDM itu langsung dilatih oleh prajurit TNI Kodim 0105 Aceh Barat, dengan memberikan materi tentang pemahaman ideologi pancasila serta membangun komitmen untuk senantiasa mencintai negara dari sikap terkecil agar bisa menjadi warga negara yang berkarakter pancasilais.

Selain dididik berkarakter pancasialis para peserta juga diberikan pemahaman agar nantinya mereka bisa menjadi pelopor anti narkoba dan mencegah lahirnya radikalisme .

Ketua Front PETA Aceh Barat Amiruddin mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu Visi dan Misi organisasi untuk membentuk karakter dan wawasan kebangsaan para generasi muda khususnya bagi angota yang telah bergabung, agar nantinya mereka lebih merespon dan pro aktif untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

"Usai kegiatan, mereka diharapkan dapat mengambil peran dalam masyarakat dan tidak mudah disusupi oleh pemikiran radikal yang berujung pada tindakan melawan hukum,” ujar Amiruddin kepada acehimage.com.

Ia menjelaskan, kegiatan ini sangat penting dilakukan karena saat ini pemuda begitu terlena dengan kemajuan teknologi, terkadang mereka melupakan kewajiban sebagai warga negara yang harus bisa bersama-sama untuk membangun daerah bahkan sampai lupa mengatur waktu

Selain itu, ia menyebutkan pengaruh perkembangan zaman juga sangat sering membuat para pemuda terjun ke dunia narkoba, bukan hanya sebagai pemakai, bahkan sebagai pengedar barang haram itu.

“Hal itu jelas jelas merusak karakter bangsa, PETA berkomitmen untuk terus menjadi lembaga yang siap menangkis radikalisme dan pemuda yang bebas narkoba, kalau ada anggota Peta yang terlibat dalam hal itu maka tidak segan- segan untuk diproses secara aturan organisasi dan hukum yang berlaku,” pungkasnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...