Enam unit rumah di Desa Titi Mas, Kecamatan Babul Rahmah, Kabupaten Aceh Tenggara ludes terbakar, Senin (1/3/2021). Satu diantaranya merupakan rumah pribadi wakil bupati Aceh Tenggara. Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Mohd Asbi, dikonfirmasi membenarkan kebakaran tersebut. "Dalam kejadian kebakaran sekitar pukul 12.00 WIB siang, api baru dapat dipadamkan setelah empat unit mobil damkar dikerahkan kelokasi kebakaran," ungkap Asbi.

Peringati Bulan K3 Nasional, Unaya Gelar Kuliah Bersama Pakar

Tangkapan LayarKuliah bersama pakar
A A A

LHOKSEUMAWE - Dalam rangka memperingati bulan K3 nasional, Program Studi Diploma 4 K3 Universitas Abulyatama (Unaya) mengadakan sebuah kegiatan yaitu Kuliah Bersama Pakar, Sabtu (23/01/2021).

K3 Nasional ini merupakan program studi baru di Unaya, Kegiatan ini bertema “Program Studi K3 FKM Unaya Siap Berperan dalam Penguatan SDM yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha untuk Mewujudkan Pekerja Sehat, Produktif, dan Aman dari Covid-19.

Turut dihadiri Dr Muhammad Ilham ST MT yang merupakan Sespel L2Dikti 13 Aceh. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari pengurus PAKKI (Perhimpunan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia) Provinsi Lampung, yaitu Diah Ayu Wulandari Sulistyaningrum, ST, MSi.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unaya, R Agung Efriyo Hadi PhD dalam sambutanya menyampaikan bahwa pertumbuhan industri di Indonesia terjadi dengan sangat cepat dan pembangunan infrastruktur juga dilakukan pemerintah untuk mengimbangi tuntutan pertumbuhan ekonomi serta meningkatnya jumlah penduduk Indonesia.

Selain itu dengan kondisi Pandemi seperti saat ini maka aktivitas masyarakat dalam bidang apapun perlu dibarengi oleh pola kerja yang sehat dan selamat, yang diterjemahkan dalam pola Tatanan New Normal.

Rektor menegaskan bahwa disinilah mahasiswa harus cerdas melihat bahwa peluang berkembang dan kebutuhan SDM K3 yg unggul diperlukan. Sejalan dengan kebutuhan SDM bidang K3 maka Unaya telah bersiap dengan membuka Prodi vokasi Diploma Empat K3 dalam mendidik dan menghasilkan lulusan K3 yang unggul.

Rektor juga menambahkan bahwa terdapat tiga syarat untuk terciptanya K3 Unggul yaitu komitmen dan kepemimpinan manajemen, keterlibatan pekerja dalam hal sharing knowledge, dan tersedianya akses untuk kritikan dan saran yang membangun.

Pemimpin Unaya ini juga mengatakan Prodi K3 FKM Unaya dalam menjawab kriteria tersebut, akan mengembangkan kurikulum yang sejalan dengan tuntutan atau kebutuhan dunia kerja dan stakeholder lainnya, salah satunya dengan memiliki sertifikat kompetensi K3.“K3 harus bisa menjadi budaya beraktivitas dalam keseharian,” tuturnya.

Sementara Dr Muhammad Ilham, ST MT yang merupakan Sespel LLDIKTI 13 Aceh dalam sambutannya menerangkan, bahwa K3 harus menjadi habit atau kebiasaan baru kita dimasa pandemi seperti sekarang ini,

“Menggunakan masker bukanlah karena takut terkena razia namun harus menjadi sebuah kesadaran dan budaya dalam keseharian,” ujarnya.

Bapak Sespel LLDIKTI 13 juga ini mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kuliah pakar Program Studi D4 K3 yang merupakan program studi baru di Universitas Abulyatama serta saat ini masih menjadi prodi K3 satu-satunya yang ada di Aceh.

Namun, kegiatan yang berlangsung secara online ini juga diikuti oleh peserta dari luar Unaya yang berasal dari berbagai instansi dan juga dari berbagai daerah. Peserta dari luar Unaya yang ikut menghadiri kegiatan ini dianyaranya peserta dari Dinkes Kabupaten Pidie, DPC Peradi Jaksel, Instansi Pemerintah, Institut Kesehatan Helvetia, Poltekkes Kemenkes Aceh, PT SYSLAB-Jakarta, Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati, RSUD Kabupaten Bintan, RSUDZA, SMAN 1 Kota Sabang, Universitas Syiah Kuala, Universitas Muhammdyah Aceh, Universitas Sumatera Utara, Universitas Ubudiyah Indonesia, dan Universitas Malahayati.

Kuliah Bersama Pakar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, cukup beragam tanya jawab yang terjadi dan dijawab dengan baik oleh narasumber, peserta menjadi tahu dan memahami issue terkini terkait dengan K3 dan mengharapkan kegiatan serupa akan dilaksanakan lagi nantinya oleh Prodi K3 FKM Unaya.

Rektor Unaya dalam menutup acara Kuliah Bersama Pakar tersebut memberikan arahan kepada Dekan FKM agar mampu membentuk tim yang solid untuk mengembangkan pola K3 pada tatanan baru pengelolaan K3 di lingkungan Unaya, membangun komunikasi yg baik dengan pihak Disnaker Aceh serta terlibat dalam kepengurusan PAKKI Aceh, semoga hal ini dapat terwujud. Setelah Sertifikat Partisipasi sebagai narasumber disampaikan melalui daring maka acara ditutup dengan sesi photo bersama.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...