Enam unit rumah di Desa Titi Mas, Kecamatan Babul Rahmah, Kabupaten Aceh Tenggara ludes terbakar, Senin (1/3/2021). Satu diantaranya merupakan rumah pribadi wakil bupati Aceh Tenggara. Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Mohd Asbi, dikonfirmasi membenarkan kebakaran tersebut. "Dalam kejadian kebakaran sekitar pukul 12.00 WIB siang, api baru dapat dipadamkan setelah empat unit mobil damkar dikerahkan kelokasi kebakaran," ungkap Asbi.

Penyelenggara Umrah Mengeluh Lagi, Arab Saudi Larang Indonesia Masuk Negaranya

GoogleBendera Arab Saudi
A A A

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan menolak masuk 20 Negara ke negaranya termasuk Indonesia. Namun negara itu membuat pengecualian yaitu masih memperbolehkan warga Saudi yang akan kembali ke Saudi, diplomat, tenaga kesehatan dan keluarganya.

Larangan tersebut berlaku mulai hari ini, Rabu (3/2/2021) hingga waktu yang tidak ditentukan, yang menjadi dasar pertimbangan kondisi pandemi Covid-19.

Pertimbangan negara kerajaan itu telak berpengaruh bagi penyelenggara haji dan umrah. Mereka umumnya menyayangkan kebijakan baru ini.

"Saya selaku Kabid Umrah Amphuri & CEO Khazzanah Tours sangat prihatin dengan pengumuman ini," kata Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaki Zakaria Anshari dalam rilisnya, Rabu (3/2/2021).

Padahal katanya, penyelenggara Umrah atau PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) sedang semangat- semangatnya promosi program Umrah dan mempersiapkan keberangkatan Umrah setelah Kerajaan Arab Saudi memberikan syarat Umur menjadi 18-60 pada tanggal 22 Januari 2021.

Sebab, sebut Zaki, pada saat Arab Saudi membolehkan ibadah umrah sesuai jamaah waitinglist berumur diatas 50 tahun, maka otomatis volume keberangkatan meningkat.

Bahkan ungkap Zaki Zakaria Anshari, Travel PPIU yang semula kantornya sudah tutup diawal Februari 2020, kini sudah banyak yang buka lagi.

Namun dengan kebijakan baru ini, jika melihat awal ditutupnya Umrah 27 Februari 2020 silam, artinya 27 Februari 2021 nanti genap setahun usaha umrah dan haji dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Kami berharap Pemerintah Indonesia memberikan perhatian ke Bidang Usaha Umrah, Haji dan wisata ini untuk membantu dengan berbagai cara karena ditutupnya usaha ini dampaknya kepada ratusan ribu pegawai perusahaan, bahkan bisa jadi sekiranya kantor cabang dan agen agen dimasukan maka yang terdampak bisa jutaan orang," tuturnya.

MIsalnya, Khazzanah Tours yang memiliki 59 kantor cabang. Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan sementara terhadap penerbangan dari 20 negara, termasuk Indonesia. "Nah, Larangan itu mulai berlaku hari ini, Rabu (3/2/2021).

Sementara Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dilansir Kompas.com mengatakan, pelarangan itu terkait dengan kondisi pandemi Covid-19.

"Kemarin siang, selasa, 2/2/2021 otoritas Saudi sudah infokan kepada kami terkait hal tersebut," ungkap Agus, Rabu (3/2/2021).

Selain Indonesia dan Mesir, Arab Saudi juga melarang penerbangan dari Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Irlandia, Italia, Pakistan, Brazil, Portugal, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Switzerland, Prancis, Lebanon, India dan Jepang.

"Kendati demikian, pelarangan tersebut tidak berlaku bagi warga negara Saudi, diplomat dan praktisi kesehatan beserta keluarganya," kata Agus Maftuh.

Rubrik:DUNIA

Komentar

Loading...