Isu dugaan pembelian tiga unit Kapal Aceh Hebat oleh Pemerintah Aceh yang diduga barang bekas terus bersileweran di laman media sosial. Apalagi setelah terjadi aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Perhubungan Aceh tepatnya di Jalan Mayjend T Hamzah Bendahara No 52, Kuta Alam, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh beberapa waktu lalu. Bermula dari itu, masyarakat di Aceh ingin mengetahui terkait informasi akurat mengenai pengadaan Kapal Aceh Hebat, 1, 2, dan 3 tersebut. "Cuma kita lihat dari luar aja, cuma ditekan tombol besar sebagi bukti peluncuran ke laut. Lalu kami diajak ke tempat makan-makan dengan alasan kapal balik lagi," kata sumber media ini yang mengaku hadir pada saat itu.

Luncurkan APIK-20

Pengurusan Kepangkatan ASN Kemenag Semakin Mudah

ISTIMEWAKantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh meluncurkan Aplikasi Pelayanan Informasi Kepegawaian Tahun 2020 (APIK-20)
A A A

BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh meluncurkan Aplikasi Pelayanan Informasi Kepegawaian Tahun 2020 (APIK-20) Kanwil Kemenag Aceh, di aula kantor setempat, Selasa, 2 Februari 2021.

Peluncuran aplikasi berbasis website tersebut dilakukan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal S.Ag, M. Ag.

APIK-20 dapat diakses melalui http://apik-20.kemenag.go.id/login

Ia mengatakan, aplikasi tersebut diluncurkan guna meningkatkan pelayanan dan memudahkan para ASN lingkungan Kanwil Kemenag Aceh dalam pengurusan administrasi kepegawaian serta memangkas birokrasi.

Selain itu, bertujuan untuk penataan manajemen kepegawaian, demi terlaksananya manajemen kepegawaian dengan baik dan peningkatan layanan.

"Jika selama ini pengurusan kepangkatan harus membutuhkan waktu yang lama, mulai dari pengurusan berkas dan lain sebagainya, kemudian dari segi biaya misalnya ada yang dari Singkil atau Aceh Tenggara mengurus bahan ini harus ke Banda Aceh," ujar Iqbal.

Iqbal menjelaskan, dalam pengurusan administrasi kepegawaian masih ditemukan sejumlah persoalan, terutama masalah kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala.

"Kenapa tidak naik pangkat, sedangkan bahannya sudah diusulkan. Bahkan ada yang diusul berkali-kali, mungkin ada berkas atau dokumen yang hilang," katanya.

Iqbal menambahkan, dengan hadirnya APIK-20 para ASN yang ingin mengurus kenaikan pangkat  dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak lagi harus mengirim berkas secara manual ke Kanwil Kemenag Aceh. Para ASN cukup mengakses aplikasi tersebut dan meng-upload bahan yang dibutuhkan.

"Dengan hadirnya aplikasi ini kita harapkan pelayanan kepegawaian dapat dilakukan dengan cepat,tepat dan efisien," kata Iqbal.

Menurutnya, aplikasi kepegawaian ini hanya dimiliki oleh Kanwil Kemenag Aceh. Aplikasi ini telah terintegrasi dengan Biro Kepegawaian Kemenag RI.

"Kita sudah terkonek dengan Biro Kepegawaian. Sehingga pengusulan kenaikan pangkat semakin mudah cepat dan tidak tertunda," ungkapnya.

Usai peluncuran, Kanwil Kemenag Aceh juga melalukan simulasi penggunaan aplikasi ini secara daring kepada seluruh pimpinan satuan kerja di kabupaten/kota.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...