Praktisi Pendidikan, Drs. Ramli Rasyid, M.Si, M.Pd kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 6 Februari 2023 episode ke 49 Tahun ke 3 dengan tema: Siswa Berprestasi Gagal Sekolah di Mosa, Benarkah Ketua Komite Diduga Kongkalikong dengan Kepala Sekolah Soal Dana Sumbangan? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong  Tandatangani MoU Bersama APH

For acehimage.comPenandatangan MoU dan sosialisasi e-Berpadu
A A A

ACEHIMAGE.COM – Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Aparat Penegak Hukum (APH) yang ada di Bener Meriah sekaligus sosialisasi terkait aplikasi e-Berpadu.

“Hari ini kita bersama Kapolres Bener Meriah, Kejari Bener Meriah Kepala Rutan Kelas II B Bener Meriah melakukan penandatanganan MoU sekaligus sosialisasi e-Berpadu untuk memperlancar SPPT-TI Mahkamah Agung,” kata Ketua PN Simpang Tiga Redelong Ahmad Nur Hidayat SH MH, Senin, 3 Oktober 2022.

Menurut Ahmad Nur Hidayat, SPPT-TI adalah sistem pertukaran data perkara pidana secara elektronik diantara 4 lembaga penegak hukum (Kepolisian Negara RI, Kejaksaan Agung RI, Mahkamah Agung RI, Ditjen PAS Kemenkumham RI). Sistem tersebut dibentuk dalam rangka mempercepat dan mempermudah proses penanganan perkara yang akuntabel dan transparan.

Justru itu, dipandang perlu mengembangkan inovasi berupa sistem penangan perkara tindak pidana secara terpadu berbasis teknologi informasi (SPPT-TI). Maka dari itu kebijakan dari MA mengenai implementasi tersebut diluncurkan aplikasi e-Berpadu yang harus dilaksanakan Pengadilan Negeri dan aparat penegak hukum (APH) di seluruh wilayah Bener Meriah. ungkap Ahmad Nur.

Dijelaskannya, E-Berpadu adalah kepanjangan dari Elektronik Berkas Pidana Terpadu. Aplikasi e-Berpadu meliputi berbagai macam pelayanan, di antaranya yaitu, pelimpahan berkas perkara pidana secara elektronik, permohonan izin/persetujuan penyitaan secara elektronik, permohonan izin/persetujuan penggeledahan secara elektronik, perpanjangan penahanan secara elektronik, permohonan izin besuk secara elektronik, dan permohonan pinjam pakai barang bukti secara elektronik, hingga penetapan diversi.

“Dalam memudahkan APH yang ada di Bener Meriah untuk menggunakan aplikasi tersebut maka hari ini kita sosialisasikan,” ujar Ahmad Nur Hidayat.

Ia menyampaikan, MoU dan sosialisasi e-Berpadu tersebut dihadiri langsung Kapolres Bener Meriah, AKBP Indra Novianto, Kepala Kejari Bener Meriah Agus Suroto, Kepala Rutan Kelas II B Bener Meriah Baharuddin.[]

Komentar

Loading...