Terciduk

Pencuri Uang Puluhan Juta di Kaway XVI Diringkus

VINDA EKA SAPUTRAKonferensi pers
A A A

ACEH BARAT – Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat mengamankan tiga orang pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan perbuatan pidana sejenis yang berulang di wilayah hukum Polsek Kaway XVI.

"Ketiga tersangka yaitu, Saiful Bin Mawardi warga Gampong Keuramat, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat. Budiman Bin Abdul Manaf, warga Gampong Padang Sikabu, Keamatan kaway XVI, Mawardi Bin Alm Abah, warga Gampong Padang Sikabu Kecamatan Kaway XVI," kata WakaPolres Aceh Barat, Zainudin di Aula Polres setempat, Rabu (18/03/2020).

Untuk barang bukti yang di amankan yaitu, satu gelang emas seberat dua mayam. Satu lembar bon pembelian emas, satu unit Handphone Redmi 5A, tiga lembar baju kaos, empat lembar celana jeans.

Sedangkan untuk kerugian yang dialami oleh korban sendiri yaitu, korban pertama Salma Binti Usman Yusuf, uang sebesar Rp. 6.000.000 dan emas 2 mayam. Korban kedua Jamaluddin, uang sebesar Rp. 6.300.000 dan 1 unit Handphone Xiomi. Korban ketiga Aminah, uang sebesar Rp. 35.000.000 yang rencana nya akan di gunakan untuk pembayaran keberangkatan ibadah Umrah oleh korban.

Adapun kronologis kejadian dan penangkapannya sendiri, Zainudin mengatakan berdasarkan laporan yang dibuat oleh ketiga korban yaitu pada tanggal 08 dan 10 Maret 2020 kemudian unit Reskrim Polsek Kaway XVI menindak lanjuti laporan tersebut. Kemudian pada Senin 8 Maret 2020 sekitar pukul 19:00 Wib anggota unit Reskrim Polsek Kaway XVI mendapat informasi dan keberadaan pelaku dan langsung melakukan upaya penangkapan paksa terahadap pelaku Saiful, kemudian pada tanggal 12 Maret pukul 15:00 wib polisi kembali mengamankan pelaku kedua yaitu Budiman dan dari hasil pengembangan dari pelaku kedua tersebut polisi berhasil mengamankan pelaku terakhir Mawardi Pada 13 Maret sekitar pukul 15:00 wib.

“Mereka juga melakukan tindakan pidana pencurian sejenis berulang pada 26 September 2019 di sebuah Ruko di Gampong Padang Sikabu Kecamatan Kaway XVI dan pada tanggal 25 Januari 2020 di rumah di Gampong Sawang Teubei Kaway XVI,” jelasnya.

Untuk tindakan ketiga pelaku tersebut mereka di jerat dengan Pasal 363 Ayat 2 Jo Pasal 65 dari KUHPidana tentang Tindakan Pidana Pencurian Dengan Pemberatan dan Perbuatan Pidana Sejenis Yang Berulang, dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...