Mantan Ketua Umum Persiraja, Asri Sulaiman, menjadi narasumber peHTem edisi Senin 29 November 2021 episode 29 Tahun ke II dengan tema: Gagal Mentas Di PORA, Sepak Bola Banda Aceh Semakin Terpuruk, yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Pemkab Bener Meriah Selenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Hari Santri Nasional

IstSuasana Maulid Nabi dan peringatan HSN
A A A

BENER MERIAH – Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Syariat Islam menyelenggarakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H. Selasa, 26 Oktober 2021 di Masjid Nur Nabawi Komplek Pemkab setempat.

Selain itu, turut diperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021 yang melibatkan para santri dari Pondok Pesantren se-Kabupaten Bener Meriah. Kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan (Protkes).

Pelaksana tugas Bupati Bener Meriah, Dailami dalam kesempatan tersebut membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas tentang Peringati Hari Santri Nasional dengan mengusung tema,  “Santri Siaga Jiwa Raga,” siaga jiwa raga merupakan komitmen santri dalam membela tanah air, yang lahir dari santun, rendah hati.

Tema itu sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar senantiasa menyerahkan jiwa raga dalam membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, serta mewujudkan perdamaian dunia.

“Hari ini adalah momen yang sangat luar biasa, sebab selain kita memperingati hari Maulid Nabi Besar Muhammad SAW kita juga memperingati Hari Santri Nasional,”kata Dailami

Ia juga menekankan kepada para santri, dan seluruh peserta yang hadir untuk tidak ragu untuk disuntik vaksin. Karena dengan cara itulah salah satu upaya kita dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Ujar Dailami

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat islam Taslim,  didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bener Meriah Almanar,  dalam laporannya  menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Syariat Islam dan Dinas  Pendidikan Dayah hari ini telah menyelenggarakan perayaan Maulid Nabi besar Muhammad, SAW 1443 H  sekaligus peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021.

“Khusus peringatan Maulid Nabi ini sudah merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam utamanya di Bener Meriah. Peringatan Maulid Nabi ini  bagi umat Islam  adalah penghormatan dan pengingatan kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagamaan seperti yang kita lakukan tadi,“ ungkap Taslim.

Taslim menambahkan,  peringatan Maulid dan peringatan Hari Santri merupakan kegiatan rutin dari Pemkab Bener Meriah, yang dialokasikan anggarannya pada Dinas Syariat Islam dan Dinas Pendidikan Bayah Kabupaten Bener Meriah.

 “Dengan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad, SAW 1443 H dan Peringatan Hari Santri Tahun 2021 diharapkan semakin mempererat tali  silaturahmi, solidaritas dan ukhuwah islamiyah diantara umat Islam di Bener Meriah,“ harpanya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Bener Meriah, Almanar menyebutkan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penetapan Hari Santri Nasional ini, sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta, dengan dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama kita. Ucapnya. []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...