Anggota DPR Aceh Tarmizi SP mengancam akan melakukan mosi tidak percaya kepada pimpinan lembaga tersebut. Mosi tidak percaya dilakukan bila usulan hak angket terhadap plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah gagal dilanjutkan.

Pemkab Bener Meriah Diminta Tingkatkan Honor Petugas Damkar

IKASKunjungan Ombudsman RI Perwakilan Aceh ke Bener Meriah
A A A

BENER MERIAH – Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dr Taqwaddin melakukan kunjungan sidak dan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, Kamis (8/10/2020).

Dilakukan kunjungan sidak (investigasi mendadak) untuk berkoordinasi dengan Bupati Bener Meriah, Sekda, DPRK dalam mendorong Pemkab Bener Meriah khususnya BPBD untuk mengotimalkan pelayanan pemadam kebakaran.

"Dalam sidak tersebut, kita menemukan dari delapan (8) unit armada yang tersedia di BPBD Bener Meriah saat ini sebanyak dua unit dalam keadaan rusak dan enam unit lainya kondisinya baik dengan posisi BBM full dan air untuk pemadaman pun full," ujar Taqwaddin ketika dikonfirmasi.

Kata Taqwaddin, personel pemadam kebakaran di Bener Meriah sebanyak 96 orang yang berstatus honorer dimana honornya relatif kecil. “Dari semua mereka hanya dua orang saja yang pernah ikut pelatihan dasar pemadaman kebakaran,"kata Taqwaddin.

Katanya, secara struktural, tata kelola urusan pemadaman kebakaran ditangani oleh suatu seksi di bawah Bidang Kedaruratan. Kondisi anggota pasukan mareka saat ini dalam keadaan siap siaga dengan sistem shif dinas 24 jam full dan off 48 jam.

Terhadap temuan tersebut, Ombudsman memberikan saran koreksi diantaranya, semua armada harus dalam kondisi baik, hidup jangan sampai mogok di jalan. BBM full dan air pun full, pasukan pemadam kebakaran perlu dilatih agar lebih terampil, begitupun semua anggota pasukan harus selalu dalam keadaan siap siaga.

"Selain itu, besaran honorer petugas damkar perlu dipertimbangkan untuk ditambah agar mereka bisa memenuhi kebutuhan hidupnya yang minimal, mengingat luasnya dan sulitnya areal lokasi Bener Meriah, perlu ditambah jumlah armada,"pinta Taqwaddin.

Menurutnya, secara struktural, pengurusan pemadaman kebakaran perlu ditingkatkan minimal menjadi UPTD. Perlu dikomunikasikan nomor kontak yang mudah diingat warga masyarakat dalam melaporkan ke Unit pemadam kebakaran manakala terjadi kebakaran.

“Kami memberi apresiasi atas upaya yang sedang dilakukan. Sehingga saat kami sidak semua armada dan semua anggota pasukan dalam keadaan siaga. Padahal kami sengaja sidak menjelang Maghrib saat biasanya ASN sudah pulang ke rumah untuk kumpul bersama keluarga,"tutup Taqwaddin.

Sebelumnya, kunjungan Kepala Ombudsman Aceh itu disambut Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi, Ketua DPRK Bener Meriah MHD Saleh, Wakil Ketua I DPRK Tgk Husnul Ilmi, Sekda Bener Meriah Drs Haili Yoga M Si, kadis Pengelola Keuangan Bener Meriah Marwan, Seketaris BPBD Bener Meriah Sapriadi dan Kabid Kedaruratan Anwar Sahdi serta Kabag Humas Setdakab Bener Meriah Hasyimi.

Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kunjungan Ombudsman Aceh Ke Kabupaten Bener Meriah dalam rangka koordinasi dan evaluasi menyangkut penyelesaian adanya laporan masyarakat kepada lembaga tersebut.

Kata Sarkawi, itu adalah salah satu bentuk tentang pentinganya komunikasi untuk memperbaiki dan mengevaluasi apa yang kurang baik dan meningkatkan yang sudah baik untuk kemajuan daerah ini.

“Kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi merupakan sebuah kehormatan atas kunjungan ini, dan selama ini juga hubungan jajaran Pemkab Bener Meriah dengan Ombudsman Aceh cukup baik dan berjalan harmonis,"ucap Sarkawi.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten penghasil kopi arabika itu mengharapkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus senantiasa dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang baik, efektif dan efesien sebagai bentuk impelementasi partisipasi aktif dalam menunjang keberhasilan pembangunan di Kabupaten Bener Meriah.

“Tentu dengan kehadiran Ombudsman menjadi penambah semangat sebagai jembatan pelayan antara masyarakat dan penyelengara pelayanan publik,"timpal Sarkawi.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...