Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Pemkab Bener Meriah Berikan Reward Bagi Penyuluh Terbaik

IstimewaSarkawi
A A A

Kita jangan hanya bertumpu kepada kopi saja, utamanya memang itu, tapi masih banyak hal-hal lain yang perlu kita kembangkan dalam bidang pertanian dan perkebunan, untuk menggerakkan roda perekonomian kita

Tgk Sarkawi Bupati Bener Meriah

BENER MERIAH - Sebagai bentuk motivasi dalam menjalankan tugas, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah akan memberikan reward untuk para penyuluh pertanian terbaik.

"Bagi para penyuluh, khususnya penyuluh pertanian yang bekerja di wilayah Kabupaten Bener Meriah yang dinilai bekerja dengan giat, sungguh-sungguh membina para petani sesuai tugas pokok dan fungsi dalam menjalankan program memberdayakan kelompok tani akan diberikan reward," kata Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi, melalui siaran pers, Jumat 2 April 2021.

Pemerintah Bener Meriah juga akan memberikan reward bagi penyuluh yang melaksanakan program pemberdayaan kelompok tani, menyusun program, memberi kajian kebijakan dengan tepat.

Orang nomor satu di negeri di atas awan itu ikut mengingatkan kepada para penyuluh agar menyosialisasikan pengembangan ide-ide kreatif untuk meningkatkan perekonomian bagi generasi milenial.

Dia menyebutkan pertanian Bener Meriah harus didorong menjadi subsektor ekonomi yang maju, mandiri, dan modern yang didukung oleh kapasitas SDM pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing, untuk kaum milenial.

“Kita jangan hanya bertumpu kepada kopi saja, utamanya memang itu, tapi masih banyak hal-hal lain yang perlu kita kembangkan dalam bidang pertanian dan perkebunan, untuk menggerakkan roda perekonomian kita,” kata Sarkawi.

Sebagai ujung tombak dan garda terdepan di lapangan, Sarkawi berharap para penyuluh semaksimal mungkin mengedukasi para petani tentang potensi lain selain kopi.

Dia mencontohkan pisang cavendish yang juga sangat berpotensi dikembangkan di Bener Meriah. Potensi tersebut diketahui setelah adanya uji laboratorium di Lampung yang mendapat skor 93, dan jauh lebih baik dari dari pisang Cavendish yang ada di Lampung.

Berdasarkan hasil penelitian, pisang cavendish dari Bener Meriah juga disebut memiliki rasa lebih enak jika dibandingkan dengan pisang cavendish asal Costa Rika.

"Insyaallah tahun ini akan kita buat pengembangan bibitnya dan akan kita bagikan kepada masyarakat Pintu Rime Gayo," ujar Bupati.

Dia mengatakan mengabdi sebagai penyuluh adalah kesempatan yang baik. Ke depan, pemerintah daerah juga terus berupaya meningkatkan kesejahteraan penyuluh lewat berbagai regulasi, seperti reward tadi.

"Hal itu sebagai motivasi bagi petugas layanan publik yang memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan meningkatkan prestasi penyuluh itu sendiri," ujarnya.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...