Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Selatan bertambah empat kasus baru. Dengan bertambahnya empat orang baru, kini jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Aceh Selatan menjadi 21 orang. Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita menyatakan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu berinisial DM (56) AI (30) AZ (34) dan MR (26).

Pasca RSUD Munyang Kute Ditutup

Pemkab Bener Meriah Aktifkan Empat Puskesmas Layani Kesehatan Warga

SAMSUDINPelayanan di RSUD Munyang Kute ditutup sementara
A A A

BENER MERIAH – Banyaknya Tenaga Kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Munyang Kute redelong yang terpapar kasus terkonfirmasi positif Covid-19, maka guna untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus yang disinyalir berasal dari Wuhan itu Pemerintah setempat menutup sementara seluruh layanan di RSUD Munyang Kute itu.

Bahkan, bukan hanya RSUD Munyang Kute, beberapa Puskesmas yang ada di daerah berhawa sejuk itu juga ditutup terkecuali untuk layanan emergensi (Darurat). Hal itu menyusul semakin meningkatnya jumlah yang terkonfirmasi positif di Kabupaten penghasil kopi arabika itu.

Tetapi, pelayanan kesehatan adalah suatu pelayanan yang harus selalu beroperasi guna untuk melayani masyarakat yang sakit. Untuk itu Pemerintah Bener Meriah mengaktifkan empat Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan rujukan pasca RSUD Munyang Kute belum beroperasi yang terhitung sejak 1 Agustus 2020.

Hal itu disampaikan Ketua Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah, Riswandika Putra melalui keterangan tertulis yang diterima acehimage.com, Sabtu (1/8/2020).

Dikatakan Riswandika, adapun ke empat Puskesmas rujukan yang diaktifkan diantaranya, Puskesmas Bandar, Puskesmas Pante Raya, Puskesmas Buntul Kemumu, dan Puskesmas Lampahan selain itu untuk pelayanan Gawat darurat dipusatkan di Puskesmas Bukit.

Sedangkan RSUD Munyang Kute redelong untuk saat ini difungsikan sebagi lokasi isolasi dan karantina Covid-19.

Dalam ketarangan tertulis tersebut, Riswandika juga menyanpaikan perkembangan terkini kasus Covid-19 bagi warga Bener Meriah dimana salah seorang warga yang terkonfirmasi postif Covid-19 yang berinisial SH (18) berdasarkan hasil swab yang diterima dari Dinkes Aceh pada 1 Agustus bahwa SH negatif sehingga jumlah yang sebelumnya sebanyak 34 tersisa 31 karena sebelumnya juga dua santri Bener Meriah klaster Temboro, Magetan Jawa Timur telah sembuh.

"Dari hasil tracking tim sebanyak 603 orang yang telah terdata kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif dan bisa saja jumlah tersebut nantinya bertambah. Oleh sebab itu guna untuk mempercepat penanganan Covid-19, pemerintah daerah Bener Meriah akan melaksanakan tes swab massal yang di pusatkan di RSUD Munyang Kute dengan target 100 pemeriksaan kontak erat perhari,"jelas Mantan Kadis Pariwisata Bener Meriah itu.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...