Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk menunda melakukan penataan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh untuk sementara waktu. Ini disampaikan Ibrahim setelah mendengar keluhan dari masyarakat yang selama ini bergantung hidup di daerah tersebut. "Apalagi saat ini, sama-sama kita ketahui sedang Pandemi COVID-19 yang membuat ekonomi masyarakat terpuruk," kata Pria yang akrab disapa Ampon Bram, Kamis (22/10/2020).

Pemkab Aceh Utara Siapkan Perbub PRG

BULKHAINIWakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf
A A A

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara sedang menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang layanan Berjenjang Kepemilikan Dokumen Kependudukan.

Layanan ini dimulai dari tingkat Gampong melalui Petugas Registrasi Gampong (PRG).

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf akrab disapa Sidom Peng kepada wartawan, Selasa (25/8/2020) dalam kegiatan sosialisasi kebijakan tentang administrasi kependudukan sesuai dengan Peraturan Mendagri Nomor 109 Tahun 2019.

“Perbup PRG merupakan salah satu inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Utara,”kata Sidom Peng sapaan akrab Wakil Bupati.

Ia menyatakan, petugas PRG merupakan personel yang diberi tugas serta tanggungjawab untuk memberikan pelayanan pelaporan peristiwa kependudukan. Juga untuk pencatatan, mengelolaan serta penyajian data kependudukan di tiap gampong.

"Perbup ini dapat membantu Keuchik serta perangkat daerah yang membidangi kependudukan dan pencatatan sipil,"ujar Fauzi Yusuf.

Menurut Fauzi, Peraturan Bupati tentang PRG merupakan salah satu kebijakan yang diamanatkan dalam Permendagri, bagaimana teknis dan pelaksanaannya.

"Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah mengundangkan Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 Tentang Formulir serta Buku yang digunakan Administrasi Kependudukan,"ungkap Fauzi Yusuf.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Utara Safrizal SSTP MAP dalam sambutannya mengatakan sosialisai ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kebijakan administrasi kependudukan.

"Kegiatan ini kita lakukan untuk pemahaman kebijakan administrasi kependudukan, baik kepada camat, para pejabat di Seksi Pemerintahan, staf pengelolaan administrasi kependudukan, juga menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya administrasi kependudukan," terang Safrizal.

Safrizal menyebutkan, Untuk pemateri dalam kegiatan ini, Disdukcapil Aceh Utara menghadirkan narasumber Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA) Drs Nurdin MM, Kasie Bintur Capil DRKA Nur Afni SSos.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...