Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Pemkab Aceh Besar Gelar Safari Ramadhan

sujud
A A A

Mari kita bersama-sama menyukseskan kegiatan Safari Ramadhan ini sebagai syiar di bulan yang mulia tersebut

Mawardi Ali Bupati Aceh Besar

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melaksanakan Safari Ramadhan dalam rangka menyambut bulan suci puasa, 1442 Hijriah. Kegiatan rutin tahunan tersebut akan dilaksanakan dengan melakukan kunjungan dan silaturahim ke masjid-masjid di kecamatan dalam wilayah Aceh Besar.

“Karena kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka pelaksanaan Safari Ramadhan tahun ini akan dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujar Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali, Rabu, 7 April 2021.

Tim Safari Ramadhan Pemkab Aceh Besar tersebut telah dibentuk dalam tiga tim. Masing-masing tim akan mendampingi Bupati Aceh Besar, Wakil Bupati Aceh Besar, dan Sekretaris Daerah Aceh Besar dengan anggota tim terdiri dari anggota Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), MPU, dan pejabat instansi vertikal yang berada dalam Kabupaten Aceh Besar.

Bupati Aceh Besar melanjutkan, Tim Safari Ramadhan akan memulai kegiatan pada Kamis, 15 April 2021 atau 3 Ramadhan 1442 H. Jadwal pertama dilaksanakan di Masjid Jamik Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya.

Kegiatan tersebut direncanakan dihadiri Bupati bersama Forkopimda, dan pejabat lainnya. Agenda tim Safari Ramadhan akan dimulai dengan buka puasa bersama, shalat magrib dan Isya berjamaa'ah, serta dilanjutkan dengan tarawih dan ceramah Ramadhan.

Untuk tahun 1442 Hijriah ini, kata Mawardi, tim yang diketuai Bupati Aceh Besar akan melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Jamik Pagar Air Kecamatan Ingin Jaya, Masjid Besar Abu Indrapuri, Masjid Tgk Chik Lambada Lhok Kecamatan Baitussalam, dan Masjid Darul Muttaqin Lamtamot Kecamatan Lembah Seulawah.

Sedangkan tim yang dipimpin Wakil Bupati Husaini A Wahab dijadwalkan Safari Ramadhan di Masjid Jamik Darul Hikmah Kecamatan Kota Jantho, Masjid Baitul Taqwa Pasi Kecamatan Lhoong, dan Masjid Al Syuhada Gampong Pulot Kecamatan Leupung.

Selanjutnya tim yang pimpinan Sekdakab Aceh Besar, Sulaimi bakal melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Baitul Qualam Baet Lamteh Kecamatan Peukan Bada, Masjid Baitul Makmur Kecamatan Kutabaro, dan Masjid Jamil Al-Jihad Montasik Lampaseh Lhok Kecamatan Montasik.

Mawardi mengatakan untuk tahun ini Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh juga akan mengunjungi sejumlah masjid di Aceh Besar, masing-masing Masjid Tgk Di Ujeun Lampisang Kecamatan Seulimuem, Masjid At-Taqwa Lamkrak Kecamatan Simpang Tiga, Masjid Besar Al-Maghfirah Habib Chiek Kajhu Kecamatan Baitussalam.

Berikutnya, Masjid Al-Ikhlas Kandang Kecamatan Pulo Aceh, Masjid Al-Ikhlas Lubuk Kecamatan Ingin Jaya, Masjid Syuhada Neuheun Kecamatan Mesjid Raya, Masjid Jamik Al-Istiqamah Kueh Kecamatan Lhoknga, dan Masjid Al-Ichsan Kecamatan Kuta Cot Glie.

“Mari kita bersama-sama menyukseskan kegiatan Safari Ramadhan ini sebagai syiar di bulan yang mulia tersebut,” pungkas Bupati Aceh Besar.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...