Israel melancarkan gempuran udara ke sejumlah sasaran militer di Jalur Gaza pada Jumat (16/4) sebagai balasan atas serangan roket yang diduga diluncurkan Hamas. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan bahwa sejumlah jet tempur dan helikopter serang "menghantam lokasi pembuatan senjata, terowongan penyelundupan senjata, dan pos militer Hamas." "Kami tidak akan membiarkan setiap ancaman terhadap warga sipil Israel," demikian pernyataan IDF seperti dikutip AFP.

Pemkab Aceh Barat Berencana Beli Alat Tes Swab Mandiri

SindonewsIlustrasi, Tes Swab Covid-19
A A A

ACEH BARAT- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berencana membeli peralatan alat tes usap (swab) secara mandiri untuk menghentikan laju penyebaran pandemik COVID-19 di daerah.

“Sedang kita siapkan administrasi dan mekanisme pembelian alat tes swab ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah di Meulaboh, Ahad.

Ia menjelaskan pembelian alat tes swab tersebut untuk memudahkan tes PCR (Polimerase Chain Reaction) yang akan dilakukan kepada masyarakat di daerah.

Kata Syarifah Junaidah, hasil tes usap yang dilakukan paramedis setempat selama ini harus dikirimkan ke Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi Aceh, sehingga memakan waktu yang sangat lama berhari-hari lamanya.

Sehingga jika ada warga yang memiliki gejala COVID-19, maka harus menunggu lama untuk diketahui apakah seseorang terinfeksi virus tersebut atau pun tidak.

Dengan adanya alat tes usap secara mandiri, maka hasil seseorang terinfeksi tidaknya COVID-19, akan lebih cepat diketahui selama beberapa jam saja setelah cairan hidung atau tenggorokan diambil untuk diperiksa di laboratorium.

Syarifah Junaidah menegaskan, nantinya peralatan uji tes usap tersebut akan ditempatkan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Meulaboh berlokasi di Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, ungkapnya.

Sumber:ANTARA
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...