Harga Gula Pasir Rp20 Ribu Per Kg

Pemerintah Diminta Tindak Oknum Penimbun Gula Pasir

BULKHAINIAnggota DPRK Aceh Utara, Zulkifli melakukan pemantauan harga jual gula pasir
A A A

ACEH UTARA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Utara dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Zulkifli mengecek harga jual gula pasir di Pasar Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, yang sangat meresahkan masyarakat. Kamis (26/3/2020).

Zulkifli menjelaskan, kenaikan harga gula pasir di pasaran itu dilakukan secara sepihak karena secara nasional harga tersebut tidak dinaikkan. Karena itu dia meminta pemerintah untuk menjamin harga sembako termasuk harga gula pasir tidak dinaikan secara sepihak.

Menurut Zulkifli, harga gula pasir tingkat pedagang eceran di Kabupaten Aceh Utara, mengalami kenaikan secara tajam. Gula pasir di kios atau toko di kampung-kampung setempat dijual berkisar antara Rp 20.000 perkilogram. Padahal harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah Rp 12.500.

Sedangkan harga Gula pasir di toko grosir di pasar Kota Panton Labu dijual berkisar antara Rp 950.000 sampai Rp 1.000.000 per sak isi 50 kilogram.

“Setelah kita cek, sejumlah pedagang mengaku harga gula naik karena stoknya kosong di gudang. Karena itu kami imbau kepada pemerintah untuk melakukan pengawasan agar tidak terjadi penimbunan di tengah munculnya isu virus corona atau Covid-19,” kata Zulkifli.

Zulkifli menambahkan, dari dampak kenaikan harga gula pasir tersebut sudah sangat meresahkan masyarakat.

"Dalam kondisi ini, Pemkab Aceh Utara harus hadir dan melakukan pemantauan seraya menindak serta memberi sanksi tegas terhadap para oknum pedagang yang diduga mulai menimbun barang sehingga berdampak pada tingginya harga barang," ujar Zulkifli.

Zulkifli juga meminta kepada Pemerintah Aceh maupun pemerintah Aceh Utara untuk mengawasi dan menjamin ketersedian stok makanan dan kestabilan harga.

"Jangan karena ada wabah corona, ada oknum-oknum yang akhirnya menahan pasokan yang dimiliki sehingga terjadi spekulasi harga," sebut Politisi PKS ini.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...