Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk menunda melakukan penataan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh untuk sementara waktu. Ini disampaikan Ibrahim setelah mendengar keluhan dari masyarakat yang selama ini bergantung hidup di daerah tersebut. "Apalagi saat ini, sama-sama kita ketahui sedang Pandemi COVID-19 yang membuat ekonomi masyarakat terpuruk," kata Pria yang akrab disapa Ampon Bram, Kamis (22/10/2020).

Pemekaran ALA Perlu Langkah Strategis dan Masif

ISTIMEWAKetua KP3ALA Pusat, Dr Rahmat Salam
A A A

BENER MERIAH – Dalam percepatan pemekaran provinsi Aceh Lauser Antara (ALA) banyak langkah yang harus ditempuh, termasuk menyatukan persefsi para Bupati dan ketua DPRK se-wilayah ALA serta KP3ALA Pusat dan daerah.

Hal tersebut disampaikan Ketua KP3ALA Pusat, Dr Rahmat Salam kepada acehimage.com saat dikonfirmasi, Jumat ( 2/10/2020).

Dikatakan Rahmat Salam, langkah lainnya melakukan konsolidasi organisasi KP3ALA baik di Pusat maupun di daerah serta mereorganisasikan kepengurusan KP3ALA Pusat dan daerah.

BACA JUGA:Plt Gubernur Aceh Utus Tim Jemput Dahniar ke Papua

Tak hanya itu, langkah yang perlu ditempuh demi percepatan pemekaran ALA yakni mengatur dan menetapkan langkah-langkah strategis bersama yang masif dan terus menerus dengan gerakan damai dan santun.

Menurut Ketua KP3ALA Pusat itu, langkah-langkah yang dijelaskan tadi dilakukan melalui sidang rakyat ALA di enam Kabupaten Kota, Pembentukan KP3ALA di Provinsi NAD, pengumpulan dana rakyat agar tidak membebankan ke APBK.

“Penggumpulan dana rakyat itu bisa dilakukan seperti mengumpulan segegam kopi setiap pintu masyarakat sebulan sekali atau seiklasnya,"ungkap Rahmat Salam.

Langkah lainya, sambung Rahmat Salam, pembentukan sayap organisasi KP3ALA menurut masing-masing Kabupaten/Kota diwilayah ALA misal organisasi wanita pejuang ALA, organisasi pelajar/Mahasiswa ALA, pengusaha ALA, Alim Ulama ALA, BKMT ALA dan Koperasi ALA.

“Mendukung penuh pemekaran Aceh menjadi 3 atau 4 Provinsi di bawah Wali Nanggroe dengan tujuan pemberdayaan masyarakat dan pemerataan pembangunan ke seluruh wilayah Aceh," ujarnya.

Dikatakan Rahmat Salam, perlu pergencar tuntutan pemekaran ke Pemerintah Pusat, ke Pemerintah Nangroe Aceh Darussalam (NAD ), sekaligus sosialisasikan ke seluruh komponen masyarakat dan mengajak dialog siapapun yang masih meragukan niat tulus pemekaran.

"Tujuan pemekaran itu bukan untuk mempecah belah, tapi untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan," pungkas Rahmat yang juga Assisten Daerah I Tangerang Selatan.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...