Sekretaris Pusham Unsyiah, Suraiya Kamaruzzaman, menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 20 Januari 2022 episode ke 44 Tahun ke II dengan tema: Apakah Cambuk Solusi Terakhir Bagi Predator Seksual?, yang dipandu oleh host Siti Aminah Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Dinkes Bener Meriah Berikan

Pembekalan Pada Petugas Surveilans dan Promkes Puskesmas

for acehimage.comKadis Kesehatan Bener Meriah didampingi Kabid P2P
A A A

ACEHIMAGE.COM – Dalam rangka mensukseskan kegiatan vaksinasi merdeka anak usia 6-11 tahun, Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah memberikan pembekalan sekaligus sosialisasi kepada para petugas surveilans dan Promkes Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Dinas Kesehatan setempat yang di buka Kepala Dinas Kesehatan Bener Meriah, Abdul Muis SE MT, Jum'at, 14 Januari 2022.

Abdul Muis dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan, kita semua  memahami bahwa  Puskesmas itu adalah sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan juga   merupakan sarana kesehatan yang sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kita,  terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Ia menambahkan, begitu juga dengan para Petugas Surveilans, dalam penanggulangan pandemi sekarang ini sangat dibutuhkan mitigasi yang optimal untuk membuat persiapan-persiapan yang bertujuan mengurangi atau bahkan meniadakan risiko dan dampak yang merugikan Kesehatan bagi masyarakat kita.

Dengan pertimbangan dan kajian serta rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) melalui surat No.166/ITAGI/Adm/IX/2021 tertanggal 9 Desember 2021 tentang pemberian vaksinasi bagi anak usia 6 -11 tahun, maka pemberian vaksinasi pada kelompok ini telah dinyatakan aman dan harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

"Dalam kesempatan ini juga kami sampaikan Kepmenkes RI No. HK.01.07/MENKES/6688/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6–11 tahun," ungkapnya.

Mantan Asisten II Setdakab Bener Meriah berharap, saya sangat mengharapkan, pelaksanaan dan layanan nantinya agar dapat dilakukan sesuai dengan standar yang mengacu pada Kepmenkes diatas dan Kepmenkes RI No. HK.01.07/MENKES/6424/2021 tentang petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19.

"Penggunaan vaksin ini bertujuan untuk mengurangi dampak buruk dari infeksi virus yang terjadi, disinilah kita dituntut untuk bekerja secara optimal, memberikan edukasi dan sosialisasi serta pemahaman kepada masyarakat dengan sejelas-jelasnya," tandas Abdul Muis.

Sebelumnya, Ketua Panitia pelaksana kegiatan Gazali, SKM menyampaikan, sehubungan dengan surat Kemenkes RI tanggal 13 Desember 2021 No.SR.01.02/4/3309/2021 perihal penyampaian tentang Kepmenkes RI terkait dengan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6–11 tahun.

Maka berdasarkan hal tersebut Kabupaten Bener Meriah sudah mulai melakukan berbagai persiapan sebelum pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilaksanakan seperti yang kita lakukan pada hari ini,  yaitu sosialisasi dan pembekalan terlebih dahulu kepada para nakes kita yang nantinya akan dilanjutkan kepada para guru, dan orang tua/wali murid baik sekolah negeri maupun swasta. Sebut Gazali

"Sosialisasi ini akan dilakukan oleh Nakes Puskesmas dan didampingi oleh tim dari Bidang P2P pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah, sebelum para nakes kita terjun kelapangan, makanya terlebih dahulu dilakukan sosialisasi dan pembekalan agar informasi yang diberikan itu benar dan valid,” cutes Kabid P2P Dinkes Bener Meriah itu.

Sosialisasi dan pembekalan tersebut diikuti oleh seluruh petugas Surveilans dan Promkes Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah dan dilaksanakan selama satu hari. []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...