Ketua Komisi V DPRA, M. Rizal Falevi Kirani, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 6 Oktober 2022 episode ke 14 Tahun ke 3 dengan tema: Peran Anggota DPRA dalam Memperjuangkan JKA yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Kamaruddin

Pelaksanaan Mutasi Jajaran Pemkab Bener Meriah Masih Menunggu Rekomendasi Mendagri

SAMSUDDINKamaruddin
A A A

ACEHIMAGE.COM – Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah telah melakukan uji kesesuaian (job fit ) jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama.

Job fit tersebut diikuti 14 Kepala Dinas di lingkungan Pemda Bener Meriah atau pejabat eselon II yang memenuhi syarat.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan pelatihan (BKPP) Kabupaten Bener Meriah, Kamaruddin saat dikonfirmasi acehimage.com, Rabu, 24 Agustus 2022 menyampaikan, uji kesesuaian (Job fit )  telah dilaksanakan dan untuk pelaksanaan mutasi atau pengisian jabatan kosong jabatan pimpinan tinggi pratama lingkungan Pemkab Bener Meriah menunggu rekomendasi Menteri dalam negeri (Mendagri)

“Untuk pelaksanaan job fit itu sendiri dilaksanakan di BKPP Bener Meriah sejak bulan Juni yang lalu, dan saat ini kita menunggu rekomendasi dari Mendagri untuk melakukan mutasi,”kata Kamaruddin.

Menurut Kamaruddin, dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi di bidang kepegawaian khususnya dalam pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) diharuskan dalam penjaringan melalui sebuah mekanisme seleksi yang objektif berbasis sistem merit sebagaimana telah diatur secara khusus dalam Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN.

“Hal itu, tentu bertujuan untuk menjaring pejabat yang memiliki integritas, kompetensi dan mampu mengelola segala perbedaan budaya, latar belakang suku dan agama, serta kepentingan seluruh elemen bangsa,”ujar Kamaruddin.

Ditambahkanya, ujian kesesuaian (Job fit) merupakan amanah UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN pada pasal 117,dalam regulasi tersebut bahwa JPT hanya dapat diduduki paling lama 5 tahun, kemudian dapat diperpanjang berdasarkan capaian kinerja, sesuai kompetensi dan berdasarkan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan pejabat pembina kepegawaian dan berkoordinasi dengan KASN. Jelasnya

Kamaruddin menambahkan, beberapa tahun terakhir, Pemkab Bener Meriah telah melaksanakan seleksi terbuka untuk menjaring pejabat yang berkompeten menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik.

Seiring berjalannya waktu, kata Kamaruddin, terjadi kekosongan pada beberapa jabatan pimpinan tinggi pratama dikarenakan memasuki/mencapai batas usia pensiun dan alasan lain, sehingga terjadi penurunan kualitas pelayanan pada organisasi perangkat daerah (OPD)yang kosong tersebut.

“Nah, untuk mengantisipasi permasalahan diatas, Pemkab Bener Meriah bermaksud untuk mengisi kekosongan dan sekaligus mengevaluasi kinerja pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah,”ungkap Kamaruddin.

Oleh karena itu, Pemkab Bener Meriah menyelenggarakan job fit atau uji kesesuaian bagi pejabat tinggi pratama untuk menemukan orang yang tepat dan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan yang lowong dimaksud dan melakukan rotasi jabatan bagi pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Bener Meriah. Papar Kepala BKPP Bener Meriah itu.

Dari data yang diperoleh media ini, adapun nama-nama pejabat yang mengikuti job fit tersebut diantaranya, Sukur (Kadis Pendidikan), Nurisman (Kadis Pertanian dan pangan),Sayutiman (Kadis Perpustakaan dan kearsipan), Irmansyah (Kadis Pariwisata).

Selanjutnya, Abadi (Kadis Koperasi UKM), Khairun Aksa (Kepala Bappeda), Alham Abdi (Kadis Kominfo),Sofyan (Asisten Perekonomian dan Pembangunan ), Safriadi (Kalak BPBD),Susnaini (Kadis P3AKB), ABD Kadir (Kadis Perdagangan, dan Riswandika Putra (Sekwan DPRK Bener Meriah.[]

Komentar

Loading...