Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk menunda melakukan penataan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh untuk sementara waktu. Ini disampaikan Ibrahim setelah mendengar keluhan dari masyarakat yang selama ini bergantung hidup di daerah tersebut. "Apalagi saat ini, sama-sama kita ketahui sedang Pandemi COVID-19 yang membuat ekonomi masyarakat terpuruk," kata Pria yang akrab disapa Ampon Bram, Kamis (22/10/2020).

Pelajar Aceh Dominasi Perwakilan Indonesia Pada Ajang InIIC 2020 di Malaysia

ISTIMEWADwinta Nurul Fadillah Bintang
A A A

BANDA ACEH -Lima pelajar Aceh tunjukkan kelasnya dihadapan pelajar Indonesia. Mareka dinyatakan lolos dan berhak mewakili Indonesia pada ajang International Invention and Innovation Competition (InIIC) tahun 2020 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Salut dan luar biasa, itulah kata yang pantas untuk ke lima pelajar Aceh tersebut.

Bagaimana tidak, mareka dari SMAN 1 Simpang Kiri, Kota Subulussalam (Provinsi Aceh) merupakan SMA dengan tim paling banyak yang mewakili Indonesia dalam ajang yang diikuti seluruh negara di dunia.

Adapun tiga tim peneliti muda Aceh yang sukses lolos ke tingkat Internasional yaitu :

1. Dwinta Nurul Fadillah Bintang (SMA Negeri 1 Simpang Kiri) dengan judul penelitian : “Kebaferan (Kepok Banana Flour Indonesian) Sebagai Solusi Alternatif Pengolahan Limbah Kulit Pisang Menjadi Tepung Terigu Aromatik Dalam Pembuatan Donat Pada Masa Pendemik Covid 19”.

2. Wahdana Apriyani dan Dita Ariyani (SMA Negeri 1 Simpang Kiri) dengan judul penelitian: “Optimalisasi Pemanfaatan Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle) Dan Gambir (Uncaria Rubiaceae) Pada Pembuatan Sabun Cuci Piring Berbahan Dasar Minyak Jelantah Yang Alami Dan Ramah Lingkungan”, dan

3. Nabila Gajah dan Siti Asiah (SMA Negeri 1 Simpang Kiri), dengan judul penelitian : “Uji Organoleptik Pada Susu Kemasan Terfortifikasi Kalsium Limbah Cangkang Telur Ayam Ras”.

Informasi lolosnya mereka didapatkan setelah pihak penyelenggara dari Indonesia Scientific Society (ISS) mengumumkan nama keenam jawara dari Aceh yang berhak bertarung di even tingkat internasional yang akan diselenggarakan pada 30 Oktober 2020 di Malaysia.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...