Ketua Komisi V DPRA, M. Rizal Falevi Kirani, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 6 Oktober 2022 episode ke 14 Tahun ke 3 dengan tema: Peran Anggota DPRA dalam Memperjuangkan JKA yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Pasangan Samsahri dan Ahmad Terpilih Jadi Ketua OSIS SMAN 1 Syiah Utama

IMG-20220907-WA0082
A A A

ACEHIMAGE.COM - SMA Negeri 1 Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah malaksanakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bakti 2022-2023.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pemilihan Ketua dan Wakil OSIS SMA Negeri Syiah Utama, Kecamatan Syiah Utama tersebut berlangsung secara demokrasi.

Guna terwujudnya pemilihan yang transparan, pemilihan itu melalui mekanisme yang berasaskan pemilihan langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber)

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMA N 1 Syiah Utama, Marsono kepada media ini melalui rilisnya, Rabu 7 September 2022.

Marsono sangat mengapresiasi terhadap pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Syiah Utama masa bakti 2022-2023.

“Pemilihan Ketua OSIS kali ini adalah sesuatu yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Ini adalah hal baru yang baik menuju sebuah kemajuan. Oleh karena itu saya patut memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Wakasek Kesiswaan dan Pembina OSIS serta panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS,” ucapnya.

Lebih lanjut Marsono mengucapkan profisiat kepada paslon terpilih dan juga tetap memberi motivasi kepada paslon yang tidak berhasil dalam konstestan pemilihan ketua OSIS ini.

”Kepada paslon terpilih profisiat atas pencapaian ini, dan bagi paslon yang tidak berhasil jangan berkecil hati karena apa yang dialami hari ini adalah sebuah keberhasilan dan pengalaman berharga bagi kalian di hari-hari yang akan datang. Kalian adalah calon-calon pemimpin masa depan,” ujarnya.

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 2 Syiah Utama di ikuti lima pasang kandidat, dari lima pasang tersebut diantaranya dari kandidat perempuan.

Pada kesempatan yang sama Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Sahatta Firmana didampingi pembina OSIS SMAN 1 Syiah Utama, Hurrata mengatakan “sekolah sebagai lembaga pendidikan seyogyanya menjadi tempat untuk belajar termasuk belajar berdemokrasi,” ungkapnya.

“OSIS sebagai organisasi siswa yang ada di lembaga pendidikan merupakan wadah yang tepat untuk belajar berdemokrasi yang baik. Oleh karenanya pemilihan Ketua OSIS harus melalui sebuah mekanisme pemilihan langsung dengan berasaskan pada Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia,” imbuh Sahatta.

Sementara Hurrata Aini mejelaskan dalam pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Syiah Utama ini tetap mengikuti berbagai proses dimana semua kandidat melakukan debat publik untuk menyampaikan ide dan visi-misi dalam menarik simpatik pemilih.

“Untuk mendapatkan seorang figur yang tepat proses debat terbuka adalah salah satu cara untuk memberikan ruang bagi siswa bertarung ide dan konsep kepemimpinan yang akan berdampak pada pemilih untuk memilih berdasarkan kemampuan dan kompetensi pasangan calon dan pemilih dalam hal ini siswa-siswi dituntut untuk menjadi pemilih rasional,” lanjutnya.

Disisi lain, Ketua tim pemantau pemilihan OSIS SMA Negeri 1 Syiah Utama yang juga guru bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Edy Aradiansyah memaparkan, tahapan prosesi pemilihan Ketua dan Wakil ketua OSIS SMA Negeri 1 Syiah Utama masa bakti 2022-2023 sudah sangat baik, ini terlihat dari kesiapan siswa-siswi yang terlibat dalam panitia, mudah-mudahan ini dapat memberikan pembelajaran tentang demokrasi kepada siswa. Pungkas Edy.

Sementara itu, Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih Samsahri dan Ahmad Nabil Purba dalam sambutan singkatnya mengucapkan terima kasih kepada pemilih yang telah memilih diri nya dengan nomor urut paslon 4.

Komentar

Loading...