Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh Syariah, Amal Hasan menjadi narasumber peHTem edisi Senin 10 Mei 2021 Episode 37 Tahun ke 2 dengan Tema: Sahuti Kebutuhan Masyarakat, Bank Aceh Luncurkan Kartu Debit yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Para Penghafal Alquran Dayah MUQ Pagar Air Sambangi Kebun Kurma Barbate

Rihlah Pagar Air
A A A

ACEH BESAR - Ahli ilmu dan para penghafal Alquran dari Dayah MUQ Pagar Air menyambangi kebun kurma Barbate El Mahdi di kawasan Blang Bintang, Aceh Besar, Minggu, 11 April 2021. Takhasus rihlah atau intensif perjalanan tersebut merupakan program yang dipersiapkan untuk meningkatkan jumlah hafidz 30 juz dalam setahun.

Kedatangan para ahli ilmu dan penghafal Alquran Dayah MUQ Pagar Air tersebut mendapat sambutan langsung dari Mahdi Muhammad, pemilik kebun kurma Barbate. Dalam sambutannya, Mahdi mengaku sangat senang dan bahagia mendapat kunjungan dari para penghafal Alquran tersebut.

Kepada para santri MUQ Pagar Air, Mahdi turut menceritakan inspirasi menanam kurma di Aceh Besar. Salah satunya disebabkan kurma disebutkan dalam Alquran sebanyak 20 kali. "Setiap yang disebutkan dalam Alquran tentu memiliki hikmah dan keberkahan yang tak terhingga, maka kita yakin dan haqqul yakin menanam kurma. Alhamdulillah sekarang sudah ada hasilnya yaitu sudah berbuah," kata Mahdi.

Sementara itu, Ketua Komite Dayah MUQ Pagar Air, Sofyan A Gani mengatakan, kunjungan pihaknya ke kebun kurma Barbate dalam rangka membuka cakrawala para santri takhasus. "Belajar bisa dimana-mana, termasuk di lingkungan terbuka seperti kebun kurma El Mahdi Barbate," kata Sofyan.

Dia mengatakan, selama ini jika berbicara tentang kurma, maka akan langsung terbayang jazirah Arab. "Sekarang alhamdulillah sudah ada di depan mata, di Barbate Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar," kata Sofyan lagi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengelola Takhassus Dayah MUQ Pagar Air, Ustaz Ferdiansyah mengatakan, kegiatan tersebut sangat berarti bagi santriwan dan santriwati takhasus. "Ini merupakan bentuk tafakkur dan pengamalan dari nilai-nilai yg terdapat dalam Alquran," kata Ferdiansyah.

Menurutnya belajar dengan alam merupakan bagian terpenting dari proses pendidikan agar para santriwan dan santriwati dapat memahami betapa indah dan sempurnanya ciptaan Allah SWT.

Pengurus Dayah MUQ Pagar Air mengapresiasi Komite MUQ Dayah Pagar Air yang telah memprakarsai kegiatan tersebut. Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang wali santri takhasus, Azwar, yang mengatakan program rihlah tersebut sangat baik bagi anak-anak mereka.

"Bulan depan perlu diterapkan dan dilaksanakan dengan nuansa dan suasana yang berbeda. Apalagi anak-anak ini kan tidak pulang bersama dengan keluarga mereka," kata Azwar.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...