Direksi, Komisaris Utama dan Karyawan/i PT. Atra Media Transformasi Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Taqabbalallahuninna wa Minkum, Mohon Ma'af Lahir dan Bathin ----- Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi manyampaikan pengunduran dirinya secara lisan dihadapan jama'ah shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Lapangan Babusalam simpang tiga, Minggu (24/5/2020).

Pandemi dan Ramadhan Membuat Konsumsi BBM di Aceh Menurun

HT ANWAR IBRAHIMSelama masa Ramadhan dan Idul Fitri 2020, Pertamina memprediksi penurunan konsumsi BBM di Aceh
A A A

BANDA ACEH --Meski pemerintah telah memutuskan melarang semua warganya mudik Ramadan dan Lebaran Idulfitri 1441 Hijriyah, tak lain untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 yang telah menjadi pandemi global.

Namun demikian Pertamina tetap menyiapkan kebutuhan BBM, elpiji dan avtur bagi masyarakat.

Untuk itu, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I membentuk satuan tugas Ramadhan, Idul fitri 2020 dan COVID-19 (Satgas Rafico).

"Nah, satgas mulai aktif sejak 08 April hingga 08 Juni 2020 mendatang," kata M Roby Hervindo, Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR I, Kamis (23/4/2020).

Satgas Rafico bertugas katanya lagi, menjamin ketersediaan BBM, elpiji dan Avtur selama Ramadhan dan Idul fitri.

"Meski kondisi pandemi, kami tetap bertugas dengan tetap melaksanakan protokol pencegahan COVID-19,” ungkapnya.

Selama masa Ramadhan dan Idul Fitri 2020, Pertamina memprediksi penurunan konsumsi BBM di Aceh. Hal itu terjadi dikarenakan berkurangnya mobilitas masyarakat sebagai dampak pandemi.

Untuk BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo), diperkirakan konsumsi sebesar 52,8 juta liter. Turun sekitar 10 persen jika dibandingkan realisasi Rafi 2019 sebesar 58,7 juta liter.

Sedangkan BBM jenis gasoil (Bio Solar) selama masa Ramadhan dan Idul Fitri, konsumsinya diprediksi turun 0,5 persen. Estimasi konsumsi 25,6 juta liter, dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 25,8 juta liter.

Di sektor elpiji, Pertamina mengestimasi peningkatan konsumsi dibanding realisasi satgas Rafi tahun lalu. Yaitu sebesar 2,7 juta tabung, dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 2,6 juta tabung.

"Meski prediksi konsumsi BBM turun dan elpiji naik, kami pastikan stok BBM, elpiji serta Avtur untuk Provinsi Aceh terbilang sangat mencukupi. Stok BBM yang tersedia di fuel terminal mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga 27 hari kedepan. Sedangkan untuk elpiji rata-rata mencukupi untuk 14 hari ke depan," jelas Robby.

Kurangi dampak ekonomi

Untuk membantu mengurangi dampak ekonomi dari pandemi, Pertamina menyiapkan potongan harga hingga 25 persen untuk isi ulang dan pembelian Bright Gas 5,5 Kg serta 12 Kg. Caranya dengan melakukan pemesanan melalui call center 135.

Terkait konsumsi Avtur, meskipun jumlah penerbangan di Indonesia menurun. Pertamina masih terus menjaga pasokan Avtur untuk tetap melayani kebutuhan maskapai.

“Kami himbau agar masyarakat mengkonsumsi BBM dan elpiji dengan bijak. Tidak perlu menimbun, karena stok tersedia banyak dan mencukupi kebutuhan,” tutup Roby Hervindo

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...