Akibat tingginya curah hujan mengakibatkan dua unit rumah warga Kampung Lampahan Timur, Kecamatan Timah Gajah, Kabupaten Bener Meriah tertimbun tanah longsor, Jumat (15/1/2021). Selain itu, satu unit gudang yang berada di dekat rumah ikut tertimbun. Plt Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah, Safriadi melalui Kabid Kedaruratan, Anwar Sahdi menyampaikan, dua rumah warga yang tertimbun bagian dapurnya itu yakni rumah, Musliadi dan Muklis yang merupakan Reje Kampung Setempat.

Pandemi Bikin Pengangguran di RI Bertambah 2,6 Juta Orang

detik.comIlustrasi
A A A

JAKARTA - Pandemi COVID-19 yang menerpa Indonesia membuat jumlah pengangguran bertambah. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan ada tambahan 2,67 juta orang pengangguran selama pandemi.

"Akibat pandemi, ada tambahan pengangguran 2,67 juta atau 1,84% bila dibandingkan dengan bulan Agustus tahun lalu," kata Ida dalam sebuah webinar, Jumat (11/12/2020).

Bila ditotalkan jumlah pengangguran yang ada di Indonesia hingga Agustus 2020 mencapai 9,7 juta orang. Tingkat pengangguran terbukanya 7,07%, naik 1,84% dari tahun lalu.

"Jumlah pengangguran terbuka 9,77 juta orang dengan tingkat pengangguran 7,07%," ujar Ida.

Uniknya, pendidikan vokasi yang lulusannya dinilai siap kerja, justru menjadi penyumbang terbanyak pengangguran. Tingkat pengangguran terbuka dari lulusan SMK mencapai 13,55%, tertinggi dari lulusan lainnya.

"Kalau dilihat dari tingkat pengangguran terbuka, SMK ini paling banyak dengan 13,55%. Ini membuktikan tidak terjadi link and match antara pendidikan vokasi dan pasar tenaga kerja," papar Ida.

Sementara itu kondisi per Agustus 2020 menunjukkan jumlah angkatan kerja di Indonesia ada 138,22 juta penduduk. Sementara itu yang berstatus bekerja jumlahnya ada 128,45 juta, presentasinya 92,93%.

Sumber:Detik.com
Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...