Dr. Zainuddin, SE, M.Si, Pakar Ekonomi dan juga Dekan Fakultas Ekonomi USM, narasumber peHTem edisi Kamis 17 Juni 2021 episode 48 dengan tema: Setelah Pedagang Dipaksa Hengkang, Tepatkah Pasar Penayong Jadi Wisata Kuliner? dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Mitos Atau Fakta

Olahraga dapat Sembuhkan Depresi

shutterstockOlahraga
A A A

JAKARTA— Masalah kesehatan mental sering kali menjadi sorotan seperti depresi, kecemasan, ADHD, PTSD, dan bahkan stres yang ekstrem.

Untuk memerangi masalah kesehatan mental ialah mencari terapi atau mulai minum antidepresan dan obat-obatan. Tetapi ada banyak pula yang tidak mampu berhasil menyembuhkan dengan cara itu.

Namun beberap penelitian mengatakan bila berolahraga dan tetap aktif secara fisik dapat membantu memerangi penyakit mental.

Itu karena kebugaran fisik dan kesehatan mental ternyata dapat berjalan beriringan. Mereka adalah dua aspek yang mengontrol penuh tubuh seseorang untuk menjadi sehat.

Mengutip dari graziaindia, Kamis (3/6/2021) Harvard T.H. Chan School of Public Health melakukan penelitian dan menemukan bahwa berlari selama 15 menit sehari atau berjalan kaki selama satu jam dapat mengurangi risiko depresi berat sebesar 26 persen.

Itu berarti, untuk meningkatkan kesehatan mental, Anda bisa mulai dengan sesuatu yang sederhana seperti berjalan kaki atau jogging setiap hari.

Dengan begitu tubuh akan mulai merasa lebih aktif, lebih ringan dan sedikit lebih baik setiap hari.

Berolahraga setiap hari juga membantu melepaskan berbagai hormon seperti endorfin, hormon bahagia, yang membantu mengangkat suasana hati. Dengan begitu hormon tersebut akan membuat merasa energik dan antusias sepanjang hari.

Olahraga juga berfungsi sebagai pengalih perhatian dari perjuangan sehari-hari karena terlalu banyak berpikir. Ketika berada di bawah stres atau depresi atau cemas, tubuh memberi tanda-tanda.

Misalnya perut mulai melilit, akan merasa lemah dan kehilangan motivasi, mengalami masalah dalam tidur dan bahkan dapat menyebabkan masalah kandung kemih atau sakit perut dan mulas dalam kasus yang parah

Jika tumbuh menunjukan tanda-tanda seperti itu, akhirnya masuk ke siklus yang sangat sulit untuk disembuhkan. Siklus ini dapat dipulihkan dengan ketekunan berolahraga secara teratur, ketegangan dilepaskan dan otot-otot menjadi rileks.[]

Sumber:bisnis
Rubrik:SPORT

Komentar

Loading...