Direksi, Komisaris Utama dan Karyawan/i PT. Atra Media Transformasi Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Taqabbalallahuninna wa Minkum, Mohon Ma'af Lahir dan Bathin ----- Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi manyampaikan pengunduran dirinya secara lisan dihadapan jama'ah shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Lapangan Babusalam simpang tiga, Minggu (24/5/2020) ----- Kepolisian Daerah (Polda) Aceh memeriksa dua orang oknum polisi berinisial R dan E yang terlibat dalam penganiayaan terhadap pria yang diduga mengalami gangguan jiwa. Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono menjelaskan kedua polisi berpangkat brigadir itu merupakan anggota Polsek Nurussalam.

Pukesmas Cot Kuta jadi Tempat Isolasi ODP

Nagan Raya Siap Alihkan Anggaran untuk Pencegahan Covid-19

SITI AISYAHKonferensi pers
A A A

NAGAN RAYA - Jumlah kasus virus corona atau Covid-19 di Provinsi Aceh sudah mencapai angka ratusan. Data per Selasa, 30 Maret 2020 pukul 15:00 WIB tercatat 620 jiwa meliputi 23 Kabupaten/Kota Provinsi Aceh masuk dalam Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 44 jiwa. Sedangkan jumlah positif Covid-19 lima orang dan yang meninggal dunia berjumalah dua orang.

Sementara di Kabupaten Nagan Raya tercatat 15 jiwa yang masuk dalam kategori ODP, dan untuk yang berstatus PDP serta pasien terkonfirmasi covid 19 masih belum ditemukan. Melihat hal tersebut, penanggung jawab gugus tugas percepatan penangan Covid-19 Kabupaten Nagan raya dr Edi Hidayat Sp PD FINASIM mengatakan, pihaknya bersama pemerintahan Daerah telah menetapkan Puskesmas Cot Kuta, Kecamatan Suka Makmue, kabupaten setempat sebagai tempat rujukan atau isolasi bagi masyarakat yang berstatus ODP

”Iya sekarang kita sudah tetapkan Puskesmas Cot Kuta, atau rumah sehat rujukan Covid 19 yang disebut bagi masyarakat yang berstatus ODP, ” kata Edi Hidayat, Selasa 31 maret 2020.

Dikatakanya, Puskesmas rujukan atau yang disebut rumah sehat tersebut diprioritaskan kepada pasien yang berstatus ODP yang tengah menjalani isolasi mandiri. Namun, jika ada pasien yang bertatus PDP itu dirawat di Rumah Sakit Sultan Iskandar Muda (SIM) Kabupaten Nagan Raya.

“Jadi, untuk pasien yang ODP tidak perlu dirawat dirumah sakit, mereka hanya diisolasi disini karena perlu pengawasan dan pemeriksaan hingga kondisinya membaik,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, namun jika ada keluarga yang bisa menjamin pasien untuk bisa membaik dengan diisolasi dirumah mereka itu tidak jadi masalah, karena selama pasien berada di rumah sehat tersebut, mereka akan diperiksa dan dinilai selama empat belas hari jika hasilnya negatif pasien bisa kembali lagi kerumah, namun jika hasilnya positif maka akan dirujuk ke RS. Sultan Iskandar Muda.

”Iya kita buat pasien rileks mungkin, dengan adanya kegiatan seperti senam dan lain-lain agar mereka tidak kepikiran,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham menegaskan dana penanggulangan virus corona di daerah ini dipastikan tidak terbatas. Pemerintah daerah juga siap mengalihkan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Nagan Raya tahun 2020 untuk penanganan virus corona termasuk segala kebutuhan.

“Berapun anggaran yang dibutuhkan, pemerintah daerah siap menyediakan sesuai kebutuhan, tidak terbatas,” ujarnya.
Dirinya berharap dengan adanya penanganan virus secara maksimal, bisa membuat seluruh warga Kabupaten Nagan Raya tidak ada satupun yang terinfeksi.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...