Unik

Musrembang di Kecamatan Bener Kelipah Penuh Nuansa Adat

SAMSUDIN Musrembang Kecamatan Bener Kelipah
A A A

BENER MERIAH – Baru pertama kali dilaksanakan Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan di Kabupaten Bener Meriah berlangsung dengan nuansa adat gayo.

Muserembang yang bernuansa adat gayo itu, berlangsung di Kecamatan Bener Kelipah. Selasa (25/2/2025).

Musrenbang merupakan kegiatan untuk menjaring dan menyaring usulan pembangunan dari masyarakat, dan dalam prosesnya pemerintah atasan akan melakukan penjaringan usulan berjenjang untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Pemerintah Kecamatan Bener Kelipah memaknai musrenbang sebagai prosesi kehadiran para ulu ni rintah (Kepala pemerintahan red) di Kabupaten Bener Meriah, sehingga harus dimaknai sebagai prosesi sakral dimana Reje sedangkan menampung angankasat (rencana) pembangunan yang di harapkan oleh masyarakat.

Dalam prosesi ini, Reje wilayah Bener Kelipah (Camat) menyerahkan batil tembenge dalam rangka jurah be jamut untuk menyampaikan sekilas tentang karakteristik masyarakat di kecamatan Bener Kelipah, sehingga memudahkan ulu ni rintah Kabupaten Bener Meriah yang hadir dalam menyerap usulan program/kegiatan untuk tahun anggaran 2021.

Menurut Camat Kecamatan Bener Kelipah Safriadi SPd MPd, dilaksankan musrenbang secara prosesi adat ini untuk menguatkan semangat bermusyawarah dan untuk memuliakan para pimpinan daerah (ulu ni rintah) yang hadir sehingga muserembang bukan sekedar menjalankan amanah undang-undang namun dapat dimaknai sebagai menyatukan semangat untuk membangun daerah.

Atas apa yang dilakukan pihak kecamatan Bener Kelipah, Asisten II sekretariat daerah Kabupaten Bener Meriah Abd Muis ST MT sangat mengapresiasi pelaksanaan musrenbang di kecamatan Bener Kelipah khususnya sebagai musrenbang yang unik dan patut di contoh.

"Pola ini akan membangkitkan kembali cara-cara musyawarah yang elegan seperti di masa lalu," ujarnya.

Musrenbang Kecamatan Bener Kelipah menghasilkan kegiatan prioritas utama yaitu pengadaan tanah di kecamatan Bener Kelipah, karena saat ini pembangunan gedung di Bener Kelipah sering terhambat akibat tidak adanya lahan yang refresentatif.
Disamping itu terdapat program unggulan pengembangan bendungan jelobok dan program lainnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...