Sebanyak 20 orang warga di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh reaktif COVID-19 berdasarkan hasil tes cepat yang dilakukan Tim Satgas Gugus Penanggulangan COVID-19 kabupaten setempat. "Dari lebih kurang 100 orang yang dilakukan rapid tes, saat ini yang positif rapid test di Nagan Raya sebanyak 20 orang," kata Koordinator Dokter Satgas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya, Dr Edi Hidayat SPPD.

MPU Terkesan dengan Inovasi Aminullah Perangi Rentenir

HUMAS PEMKO BANDA ACEHKetua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh Tgk Damanhuri Basyir MAg mengaku terkesan dengan inovasi Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dalam memerangi praktek riba
A A A

BANDA ACEH - Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh Tgk Damanhuri Basyir MAg mengaku terkesan dengan inovasi Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dalam memerangi praktek riba di Kota Banda Aceh.

Ia juga sangat mengapresiasi kiprah Wali Kota Aminullah Usman perangi tengkulak yang disusun dalam sebuah buku berjudul "Ala Aminullah Perangi Rentenir".

Hal itu terungkap saat MPU Kota Banda Aceh berkunjung ke Pendopo Kota Banda Aceh, Jumat (19/7/2020).

Tgk Damanhuri Basyir sangat mendukung langkah-langkah yang telah dilakukan Ketua Umum MES Provinsi Aceh itu, baik secara pribadi maupun kelembagaan. Ia mengatakan program membasmi rentenir yang di gagas oleh Walikota Aminullah ini solusi sangat tepat, karena Aceh adalah negeri yang menerapkan Syariat Islam.

"Praktek riba ini di haramkan dalam agama Islam dan perbuatan yang sangat di benci oleh Allah, dan ini sangat bertentangan dengan Aceh yang berlandaskan syariah islam. Jadi gagasan Wali Kota sangatlah tepat,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, di dalam Islam itu ada sistem ekonomi syariah, yang mengatur serta menyelesaikan permasalahan ekonomi dengan cara-cara islam.

"Konsep yang di rintis Aminullah ini adalah konsep yang berlandaskan sistem ekonomi syariah, seperti membangun lembaga keuangan mikro PT Mahirah Muamalah Syariah (MMS). Kehadiran MMS sangat membantu umat dan menutup ketergantungan dengan rentenir,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua MPU kota ini juga mengapresiasi terbitnya Buku "Ala Aminullah Perangi Rentenir".

Ia berharap buku ini menjadi referensi bagi daerah lain di Aceh untuk memerangi rentenir.

“Dan kami juga berharap Buku Ala Aminullah Perangi Rentenir bisa menjadi media dakwah dalam menyebarluaskan sistem ekonomi syariah ke tengah-tengah umat,” harap Tgk Damanhuri Basyir yang juga ikut menulis apresiasinya di halaman kata pengantar dalam buku tersebut.

Rubrik:BANDA ACEH

Komentar

Loading...