Ketua Komisi VI DPR Aceh, Tgk. H. Irawan Abdullah, S.Ag menjadi narasumber peHTem edisi Senin 9 Agustus 2021 episode 63 dengan tema: Biaya Pendidikan Dayah MUQ Pagar Air Selangit, Kucuran Dana Dayah Aceh Kemana? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Sejarah yang Hilang

Monumen Kubah Tsunami Terbengkalai

AK JailaniMonumen Kubah Tsunami
A A A

ACEH BESAR - Ku'bah Gurah merupakan salah satu Monumen Kubah Tsunami yang menjadi salah satu destinasi yang paling diminati yang terletak di Desa Gurah, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Kubah tersebut berasal dari Desa Lamteungoh, Peukan Bada, Aceh Besar. Selasa, 22 Juni 2021.

Kubah masjid terbawa arus dan terdampar 2,9 kilometer dari tempatnya, persis di areal persawahan. Saat gelombang tsunami menerjang Aceh akhir tahun 2004 lalu, seluruh bangunan masjid rusak dan hanya menyisakan kubah masjid berdiameter 4×4 meter. Kubah yang berbobot 80 ton itu terbawa arus gelombang sejauh 2,9 kilometer dan terdampar di Desa Gurah.

Lokasi Monumen Kubah Tsunami yang menajdi situs sejarah tersebut terlihat tak terurus oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, sehingga air untuk keperluan pengunjung tidak tersedia dan MCK pun rusak.

Foto udara yang dijepret melalui Handphone Vivo V17 dan Drone Phantom 4 pro plus. Berikut foto-foto pilot drone AK Jailani.

Rubrik:FOTO

Komentar

Loading...