Ketua Lembaga Pemantau Pendidikan Aceh (LP2A), Dr. Samsuardi, MA, menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 3 Oktober 2022 episode ke 13 Tahun ke 3 dengan tema: Benarkah di Bawah Tangan Alhudri Pendidikan Aceh Terpuruk? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Darwinsyah

Minta Pemkab Bener Meriah Tertibkan Pungutan Retribusi Galian C

IstDarwinsyah
A A A

ACEHIMAGE.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bener Meriah, Darwinsyah meminta Pemerintah daerah (Pemkab) Bener Meriah menertibkan pungutan retribusi di seluruh usaha galian C yang ada di Kabupaten Bener Meriah.

Hal itu disampaikan Darwin dalam rapat badan anggaran pembahasan rancangan perubahan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS dan PPAS- P) Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) tahun anggaran 2022. Senin, 12 September 2022.

Menurut politisi Golkar itu, belakangan ini dirinya mendapat info bahwasanya material dari galian C Bener Meriah diangkut ke Kabupaten Aceh Tamiang.

“Tidak masalah hasil alam kita mau di pasarkan kemana saja, yang penting adalah kewajiban untuk membayar retribusi  kepada negara/daerah khususnya Bener meriah harus dipenuhi,” kata Darwin.

Darwin menerangkan, memang tidak dipungkiri pendapatan asli daerah (PAD) dari usaha galian C itu ada, namun tidak signifikan apabila dibandingkan dengan hasil galian C artinya, yang kita peroleh tidak sepadan.

Salah satu penyebabnya, kata Darwin, adalah perizinan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi, sementara objeknya ada di kabupaten/kota, sehingga ada kesulitan Pemerintah kabupaten  untuk melakukan penertiban sesuai dengan kondisi yang kita saksikan saat ini.

Untuk itu, dia meminta Pemkab Bener Meriah melakukan penertiban pungutan retribusi di seluruh galin C yang ada di Bener Meriah  lebih ketat agar PAD yang diperoleh dapat meningkat. Pintanya.[]

Komentar

Loading...