Ketua Komisi V DPRA, M. Rizal Falevi Kirani, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 6 Oktober 2022 episode ke 14 Tahun ke 3 dengan tema: Peran Anggota DPRA dalam Memperjuangkan JKA yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Semarakan HUT RI Ke-77

MIN 2 Bener Meriah Gelar Perlombaan Mengasah Motorik

For acehimage.comleterasi membaca senyam MIN 2 Bener Meriah
A A A

ACEHIMAGE.COM – Dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Bener Meriah menggelar kegiatan mengasah motorik siswanya.

Sebagaimana diketahui, MIN 2 Bener Meriah tersebut salah satu sekolah yang ditetapkan Kementerian Agama (Kemenag) sebagai madrasah inovasi setahun yang lalu (SK Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh nomor 323 Tahun 2021).

Ketua Panitia penyelenggara, Syamsuddin SPdi  melalui keterangan tertulisnya kepada media ini, Sabtu, 20 Agustus 2022 menyampaikan, dalam menyemarakan HUT RI ke-77 tahun 2022 sedikitnya ada tujuh perlombaan dalam mengasah motorik siswa-siswi MIN 2 Bener Meriah.

Adapun perlombaan tersebut diantaranya, perlombaan lari goni, pancing botol, lomba makan kerupuk, berbagi tepung, bawa kelereng, dan kegiatan literasi (kegiatan membaca senyap dan lomba bercerita). Ujar Syamsuddin.

Sementara itu, Koordinator bidang bakat minat MIN 2 Bener Meriah, Humaini menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dimulai sejak 18 hingga 20 Agustus 2022. Kegiatan sendiri dilaksanakan di halaman Sekolah MIN 2 Bener Meriah.

“Perlombaan itu dilaksanakan usai senam pagi dan sholat dhuha yang merupakan kegiatan rutin di madrasah ini,” kata Humaini.

Ia menerangkan, jadwal perlombaan untuk hari Jumat khusus kegiatan literasi, lomba lari goni, pancing botol, lomba makan kerupuk, berbagi tepung, bawa kelereng. Sedangkan hari Sabtu, adalah merupakan kegiatan final dan pembagian hadiah.

Sedangkan Koordinator Kurikulum, Radiani menerangkan, perlombaan itu berlangsung sejak pukul 09.10 WIB hingga 12.10 WIB. Kegiatan ini tidak mengganggu aktivitas belajar-mengajar, jadwal kegiatan sudah diagendakan setelah kegiatan tatap muka selama dua jam pelajaran (35 menit x 2). Kegiatan diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas I sampai kelas VI. Jelasnya.

Sementara itu, Kepala MIN 2 Bener Meriah, Lasma Farida, S Ag M Pd, menjelaskan, pihaknya memilih tujuh cabang perlombaan untuk menyemarakan HUT RI ke-77, tentu melalui pertimbangan dan alasan tersendiri. Sesuai dengan tema acara ‘Dengan hari kemerdekaan RI ke-77 kita tingkatkan kemampuan literasi dan pengembangan motorik peserta didik MIN 2 Bener Meriah,” sebutnya.

Menurutnya, perlombaan seperti, lari goni, pancing botol, lomba makan kerupuk, berbagi tepung, dan bawa kelereng adalah kegiatan untuk melatih motorik peserta didik usia 6-12 tahun.

Setiap perlombaan di sesuaikan dengan usia anak, dengan demikian keterampilan motorik anak dapat terus berkembang. Pada usia tersebut, lanjutnya,  peserta didik senang aktif bergerak  sesuai dengan bakat dan minatnya. Mereka bebas mengeksplorasikan kemampuannya dalam berkonsentrasi dengan kegiatan olahraga. Sebagai bentuk refreshing dari rutinitas peserta didik pasca aktivitas belajar di kelas.

Kegiatan literasi, diikuti sebanyak 450 orang peserta didik, mereka melakukan kegiatan membaca senyap. “Mereka dipandu oleh masing-masing wali kelas dan guru bidang studi yang berjumlah 18 orang untuk membaca tanpa mengeluarkan suara,” ujarnya

Selanjutnya dengan aktivitas bercerita, peserta didik belajar tampil di depan dengan mencerikan apa yang sudah mereka baca.

Sesuai dengan label madrasahnya sebagai madrasah inovasi. Kegiatan biasa dalam memeriahkan kemerdekaan di inovasi menjadi luar biasa di MIN 2 Bener Meriah. tutup Lasma.[]

Komentar

Loading...