Menpora Zainudin Amali Mengapresiasi Tepatnya Jadwal Shopee Liga 1 2020

BOLA.COMMenpora, Zainuddin Amali, saat membuka Shopee Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (29/2). Sebanyak 18 klub akan berlaga dalam kompetisi ini.
A A A

SURABAYA - Menpora RI, Zainudin Amali, secara resmi membuka Shopee Liga 1 2020. Zainudin bersama Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, hadir dalam laga pembuka mempertemukan Persebaya kontra Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu malam (29/2/2020).

Zainudin memuji kinerja PSSI yang mampu menggelar kompetisi kasta tertinggi Indonesia ini sesuai jadwal. Mulanya, Liga 1 2020 direncanakan dimulai pada 1 Maret, namun dimajukan sehari menjadi 29 Februari.

"Ini akan menjadi tradisi yang baik di awal tahun. Alhamdulillah, kompetisi digelar tepat waktu, seperti diumukan oleh PT Liga Indonesia Baru (operator Liga 1). Pemerintah mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada PT Liga Indonesia Baru, yang telah bekerja keras sehingga bisa dimulai tepat waktu," kata Zainudin.

Liga 1 musim ini memang agak berbeda dibanding biasanya. Dalam tiga musim sebelumnya, perhelatan kompetisi itu selalu mundur dari jadwal yang sudah direncanakan. Alhasil, itu berdampak pada jadwal lain, termasuk mengganggu agenda Timnas Indonesia.

Menpora Zainudin Amali datang ke Surabaya mewakili Presiden Joko Widodo, yang tidak bisa hadir dalam pembukaan ini. Zainudin menyampaikan pesan dari orang nomor satu di republik ini agar sepak bola bisa menjadi alat pemersatu bangsa.

Presiden Joko Widodo menaruh perhatian lebih untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Dia mengeluarkan Instruksi Presiden (inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional.

"Di mana pun berada, mohon mengikuti kompetisi dengan spotivitas tinggi. Tidak ada lagi atur mengatur skor atau pengaturan pertandingan," ucap Zainudin dalam pidato di hadapan puluhan ribu penonton.

Tagar Menyatukan

Pernyataan Zainudin Amali ini langsung mendapat respons positif dari suporter kedua tim yang hendak bertanding.

Dia merujuk pada ramainya kabar pengaturan skor yang sempat menerpa sepak bola nasional pada akhir 2018.

“Untuk itu, saya meminta kepada Bapak Kapolri agar Satgas Antimafia Bola tetap diteruskan. Setuju? Ini juga harus berlaku untuk Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Kompetisi ini penting untuk menghasilkan tim yang tangguh," lanjut sang Menpora.

Shopee Liga 1 2020 musim ini menggunakan tagar #KitaBersaudara untuk menunjukkan kompetisi ini harus menyatukan seluruh elemen bangsa. Hal itu diharapkan bisa mencairkan hubungan panas antarsuporter yang masih kerap terjadi hingga musim ini.

Sumber:BOLA.COM
Rubrik:SPORT

Komentar

Loading...