Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh Syariah, Amal Hasan menjadi narasumber peHTem edisi Senin 10 Mei 2021 Episode 37 Tahun ke 2 dengan Tema: Sahuti Kebutuhan Masyarakat, Bank Aceh Luncurkan Kartu Debit yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Opini Puasa
A A A

"HAI Orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. Berpuasa itu baik bagimu seandainya kamu tahu" Q.S Al-Baqarah Ayat 183-184.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa ibadah puasa Ramadhan merupakan obat yang paling mujarab di dalam proses penyembuhan sakit yang ada di dalam tubuh seseorang. Hal tersebut bahkan telah dibuktikan secara medis maupun non medis.

Puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan gula darah, meningkatkan kesehatan mental, membuang racun dalam tubuh, dan meningkatkan fungsi otak.

Terlebih pada saat ini, kita mendapatkan ujian dari Yang Maha Kuasa dengan Pandemi COVID-19.

Yang seharusnya membuat manusia sadar akan pentingnya menjaga dan berperilaku hidup sehat dan bersih (PHBS) sesuai anjuran.
Seseorang dikatakan sehat adalah apabila dia sehat fisik, sehat mental, sehat sosial dan hidup produktif serta menghasilkan.

Perlu dicermati bahwasanya tidak beralasan bagi seseorang untuk bermalas-malasan dan begitu lemasnya di dalam menjalani puasa, karena sesungguhnya ibadah puasa itu baik untuk kesehatan manusia.

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

1. Konsumsi Air Putih

Sesuai dengan anjuran pakar, minum air putih delapan gelas sehari dapat menjadikan tubuh tidak kekurangan ion yang ada di dalamnya. Meskipun sedang berpuasa, pakar kesehatan menganjurkan untuk meminum 8 gelas setiap harinya, yang dapat dibagi menjadi 2 gelas setelah berbuka, 2 gelas setelah salat Isya, 2 gelas setelah tarawih atau sebelum tidur dan 2 gelas pada waktu sahur.

2. Olahraga Ringan

Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, sebaiknya jangan berdiam diri. Atur waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk berolahraga ringan.

3. Hindari Makan Berlebihan

Ketika kita menjalankan ibadah puasa, tubuh akan kekurangan banyak sekali nutrisi yang ada dan membuat rasa perut kosong dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut terkadang menjadi salah kaprah oleh masyarakat.

Banyak orang seakan melakukan "balas dendam" dengan makan berlebihan ketika berbuka puasa. Makanlah secukupnya sesuai kebutuhan kalori harian.

4. Berbuka dengan yang Manis

Berbukalah dengan yang manis adalah satu poin penting dalam menjalankan ibadah puasa. Kadar gula yang turun selama pagi hingga sore hari bisa segera dinaikan kudapan manis. Meski demikian, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Pilih kurma atau buah-buahan sebagai pengganti makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi.

5. Hindari Rokok

Bagi sebagian orang, merokok merupakan salah satu kebiasaan yang sulit untuk dihindari. Setidaknya ada 12 jam perhari di masa puasa kita tidak merokok, kenapa tidak seterusnya kita berhenti merokok.

Semoga kita selalu dilimpahkan kesehatan dan keikhlasan di dalam menjalan ibadah puasa Ramadhan dengan tujuan menjadi manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT.[]

Rubrik:OPINI

Komentar

Loading...