Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Mengenal Masker Berkatup yang Dipakai Petugas Upacara HUT RI di Istana

Biro Pers Sekretariat PresidenMengenal masker yang dipakai petugas upacara.
A A A

JAKARTA - Upacara HUT RI ke-75 berlangsung pagi ini di Istana Negara, Jakarta. Ada 17.845 kuota undangan disediakan untuk masyarakat luas dalam mengikuti upacara virtual di Istana Negara. Seluruh masyarakat yang telah mendaftar melalui alamat https://pandangistana.setneg.go.id dapat mengikuti upacara secara daring.

"Setelah melakukan pendaftaran, pendaftar akan menerima notifikasi melalui pesan WhatsApp dan surel sebagai tanda bahwa permohonan undangan telah diterima," ujar Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yayat Hidayat dalam keterangan tertulis dari Setpres, Senin (10/8/2020).

Dalam upacara yang berlangsung secara virtual, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat. Para petugas upacara termasuk paskibraka terlihat memakai masker, sebagian di antaranya tampak dilengkapi katup di bagian sisi. Jenis masker seperti apa yang mereka pakai?

Ahli paru dari RS Persahabatan, dr Erlang Samoedro, SpP, menjelaskan masker yang terlihat dipakai para petugas upacara merupakan masker N95 yang memiliki katup. Jenis masker ini dinilai memang lebih nyaman dikenakan.

"N95 jenisnya sepertinya berkatup. Memang nyaman dipakai," kata dr Erlang saat dihubungi detikcom Senin (17/8/2020).

Meskipun nyaman dipakai, jenis masker ini tidak dianjurkan untuk digunakan sehari-hari. Hal ini dikarenakan adanya risiko penularan Corona dari orang yang positif tanpa gejala.

"Tidak disarankan digunakan karena orang yang tanpa gejala tetapi ada virusnya bisa menyebarkan ke lingkungan," lanjut dr Erlang.

Sumber:DETIK.COM
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...