Praktisi Pendidikan, Drs. Ramli Rasyid, M.Si, M.Pd kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 6 Februari 2023 episode ke 49 Tahun ke 3 dengan tema: Siswa Berprestasi Gagal Sekolah di Mosa, Benarkah Ketua Komite Diduga Kongkalikong dengan Kepala Sekolah Soal Dana Sumbangan? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Memperingati Milad Ke-3, Komunitas S3 Bener Meriah Santuni Anak Yatim

SamsuddinPj Bupati Bener Meriah berasama Kominitas S3 Bener Meriah dan para anak yatim
A A A

ACEHIMAGE.COM – Komunitas Sedekah Seribu Sehari (S3) Kabupaten Bener Meriah merupakan suatu komunitas yang digawangi para ibu-ibu di daerah penghasil Kopi Arabika Gayo itu yang bergerak di bidang kemanusiaan dan kemaslahatan umat.

Komunitas S3 Bener Meriah suatu komunitas yang paling konsisten menyalurkan bantuan kepada masyarakat Bener Meriah yang membutuhkan uluran tangan, santuanan itu  bersumber dari iuran anggota maupun donasi dari masyarakat.

Setiap hari Sabtu, ibu-ibu yang menamakan dirinya kurir sedekah itu menyalurkan bantuan kepada target-target yang sudah disurvei, tidak ada halangan bagi emak-emak tangguh itu untuk memberikan bantuan secara langsung kepada para penerima.

Tak jarang, para kurir sedekah itu harus berjibaku melintasi jalan yang ekstrim demi sampai kepada target yang telah ditentukan. Kebersamaan para anggota S3 bak magnet yang selalu mempererat mereka baik suka maupun duka.

Sejak S3 Bener Meriah berdiri  hingga saat ini, hampir empat ratusan juta rupiah yang telah mereka salurkan kepada masyarakat Bener Meriah yang membutuhkan uluran tangan.

Memperingati Milad ke 3 komunitas S3 Bener Meriah juga menyantuni anak yatim serta memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di Aula Rembele Café, Kampung Bale Atu, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah. Sabtu, 25 November 2022.

Milad tersebut turut dihadiri Pj Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga, Asisten II drh Sofyan, Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Bener Meriah, Taslim S Ag M Sos, Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Bener Meriah, dan perwakilan Reje Kampung.

Dalam kegiatan Milad ke-3 S3, Koordinator wilayah (Korwil ) Bener Meriah, Sastriana Adha menceritakan sejarah terbentuknya S3 pusat dan S3 wilayah Kabupaten Bener Meriah.

Menurut Sastriana, S3 nasional berdiri pada tahun 2016 yang di dipelopori oleh Neli Purwanti wanita asal Jawa Tengah berprofesi sebagai ASN lulusan IPDN. Kala itu, Neli mencetuskan ide yaitu membantu masyarakat sebungkus nasi bungkus yang kemudian kegiatan itu disebut dengan Senabung atau Sebungkus Nasi Bungkus.

“Dari program Senabung itu tercetuslah ide seandainya seluruh warga Indonesia menyisihkan rezekinya Rp 1000 rupiah sehari berapa masyarakat Indonesia bisa di bantu,”kata Sastriana.

Kemudian katanya, pada tanggal 25 November 2019 S3 Bener Meriah berdiri yang digagas oleh beberapa ibu-ibu yang tergabung dalam pengurus S3 Bener Meriah saat ini. S3 Bener Meriah beranggotakan, ibu rumah tangga dari berbagai kalangan profesi, ada istri TNI, Istri Polisi, PNS, Kader Partai, Istri Kepala Dinas, dan Istri Anggota DPRK.

Namun dalam perjalanan ini, setiap anggota S3 harus menanggalkan jubah kebesaran duniawi dan menanggalkan segala macam kepangkatannya yang disandangnya. “ S3 dilarang berpolitik, S3 dilarang keras mengadakan kontrak-kontrak politik secara komunitas dan mengadakan kontrak-kontrak politik dengan partai manapun. S3 murni hanya untuk kegiatan kemanusiaan dan kemaslahatan umat,”ungkap Sastriana.

Ia menambahkan, seiring dengan berjalannya waktu, tanpa terasa hari ini telah memperingati Milad ke 3 S3. Tentu kita semua tau bagaimana proses terbentuknya S3 di Bener Meriah, mungkin berawal dari banyak rintangan yang kita hadapi, jatuh bangun sudah dilalui bersama dan kebersamaan dan rasa kecintaan dari kita semua akhirnya S3 Bener Meriah masih tetap berdiri kokoh seperti sekarang ini.

S3 merupakan mitra dari pemerintahan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan, khususnya di Kabupaten Bener Meriah. “Alhamdulillah, sejauh ini komunitas S3 masih konsisten membantu masyarakat yang membutuhkan,”sebutnya.

Sementara itu, Bendahara S3 Bener Meriah Rismawati melaporkan, di tahun pertama komunitas S3 Bener Meriah telah menyalurkan sebesar Rp. 119.910.500, tahun kedua S3 menyalurkan donasi sebesar Rp. 167.957.000, dan tahun ketiga hampir mencapai 200 jutaan.

Ia menambahkan, sumbangan tersebut terkumpul dari iuran wajib anggota setiap bulannya Rp. 30 ribu dan ada juga yang memberi lebih, serta donasi dari donatur yang tidak tetap. Jelasnya.

Semenatra itu, Pj Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga M Si mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan komunitas S3. “Saya mewakili Pemerintah daerah sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh komunitas S3 Bener Meriah,”ujar Haili Yoga.

Ia menambahkan, semakin banyak komunitas  seperti S3 tentu semakin membantu Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah dalam membantu masyarakat kurang mampu.

“Selain S3 ada juga Jamaah Masjid Babussalam yang juga senantiasa memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu dan santunan terhadap anak yatim. Jika ini berkolaborasi maka ini semakin bagus,”imbuh Haili Yoga.

Dalam kesempatan itu, Haili Yoga juga menyampaikan, tahun 2023 kita juga punya program untuk menyekolahkan anak yatim hingga S2 dan mudah-mudahan ini dapat berjalan nantinya.

“Kita berpikir kalau senantiasa kita hanya memberikan santunan 100 atau 200 tentu bantuan itu hanya bersipat saementara saja, namaun jika kita membantu menyekolahkan anak yatim itu sampai S2 ini akan menjadi luar biasa dan kita berharap setelah mereka tamat S2 dapat menjadi pembimbing bagi yang lainnya,”tutur Haili Yoga.[]

Komentar

Loading...