Sebanyak 20 orang warga di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh reaktif COVID-19 berdasarkan hasil tes cepat yang dilakukan Tim Satgas Gugus Penanggulangan COVID-19 kabupaten setempat. "Dari lebih kurang 100 orang yang dilakukan rapid tes, saat ini yang positif rapid test di Nagan Raya sebanyak 20 orang," kata Koordinator Dokter Satgas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya, Dr Edi Hidayat SPPD.

Miris!

Mawardi Ali Seolah tak Dihargai

ISTIMEWAIr H Mawardi Ali, Bupati Kabupaten Aceh Besar
A A A

Blm ada yang melaporkan sampai dengan saat ini

Muhajir, S.STP, M.P.A Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar

ACEH BESAR - Bupati Kabupaten Aceh Besar Mawardi Ali pernah meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun tenaga kontrak yang bekerja dijajaran Pemerintah Aceh Besar untuk membuat akun Instagram.

Permintaan Mawardi itu tertuang dalam surat edaran (SE) yang bernomor 480/2636/2020. Dari surat yang ditandatangani Ir Mawardi pada 29 Juni 2020 lalu ditujukan kepada seluruh kepala OPD dalam lingkup Pemkab Aceh Besar. Lantas untuk apa akun instagram?

Berdasarkan isi dari surat tersebut, tujuan dari Bupati Aceh Besar Mawardi Ali untuk optimalisasi penyebarluasan informasi pelaksanaan Pemerintahan, Pembangunan dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar terutama dalam rangka pencegahan COVID-19.

Menurutnya perlu dilakukan pemberitaan secara luas kepada seluruh masyarakat melalui media sosial Instagram Kehumasan Aceh Besar. Oleh karenanya sangat diperlukan keaktifan dan menjadi perhatian setiap OPD di lingkup Kabupaten Aceh Besar.

Pertama, Bupati memerintahkan seluruh ASN dan tenaga kontrak untuk membuat akun instagram dan mewajibkan mengikuti/follow akun instagram @humasacehbesar dan @mediacenter.acehbesar serta mengajak keluarga dan kerabat untuk mengikuti akun tersebut.

Nah, permintan seorang pimpinan daerah kepada jajaran tentu tidak menjadi persolan jika demi kemajuan dan kebaikan sebuah daerah, seperti Aceh Besar.

Menariknya, Bupati juga mewajibkan ASN dan tenaga kontrak secara aktif memantau dan melakukan interaksi seperti menyukai dan mengomentari setiap postingan instagram @humasacehbesar dan @mediacenter.acehbesar.

Dilihat acehimage.com, Jumat (10/7/2020) kedua akun instagram tersebut masih sepi interaksi artinya belum banyak yang menyukai maupun mengomentari postingan bila dibandingkan dengan jumlah ASN maupun tenaga kontrak yang bekerja di jajaran Pemerintah kabupaten Aceh Besar.

Selain meminta para ASN dan tenaga kontrak untuk saling menyukai dan mengomentari setiap postingan di dua akun instagram tersebut. Mawardi turut meminta setiap OPD untuk memiliki akun instagram, serta mewajibkan OPD untuk mengikuti akun instagram @humasacehbesar dan @mediacenter.acehbesar serta mengunggah kembali/respost konten berita dari akun tersebut.

Bahkan mewajibkan OPD untuk melaporkan jumlah ASN dan tenaga kontrak yang telah mengikuti/follow akun instagram @humasacehbesar dan @mediacenter.acehbesar melalui grup WhatsApp OPD.

Namun berdasarkan hasil konfirmasi dengan Kabag Humas Setdakab Aceh Besar Muhajir melaporkan hingga saat ini belum ada OPD yang melaporkan kinerjanya terkait surat edaran yang dikeluarkan Bupati. Apakah kepemimpinanya yang terkesan lemah?.

Surat Edaran Bupati

Sebabnya, semenjak perintah pembuatan akun dan memfollow kedua akun instagram milik pemerintah Aceh Besar, hanya bertambah puluhan pengkut saja yaitu pada akun @humasacehbesar. Dimana setelah Surat Edaran itu dikeluarkan jumlah Pengikut akun @humasacehbesar hingga saat ini sebannyak 2.443 follower, sebelumnya pengikut akun ini berjumlah 2.368 saja. Sedangkan akun @mediacenter.acehbesar sebanyak 2.560 pengikut

Coba bayangkan, surat yang dikeluarkan sejak tanggal 29 Juni 2020 hingga hari ini dengan penambahan pengikut yang cukup kecil, jika kolom komentar nyaris tak ada kicuan. Ini dapat diduga dengan paras ASN dan tenaga kontrak disana tidak mengindahkan surat edaran Bupati.

"Blm ada yang melaporkan sampai dengan saat ini," tulis Muhajir via WhastApp menjawab konfirmasi acehimage.com.

Banyangkan, bila setiap ASN dan tenaga kontrak dimasing-masing SKPD di jajaran pemkab Aceh Besar menjalankan perintah Bupati dengan membuat akun instagram saling suka dan mengomentari didua akun tersebut bombastis bukan?.

Sumber acehimage.com dijajaran internal pemkab Aceh Besar menyebutkan tidak semua mengikuti surat edaran Bupati Mawardi.

"Gak semua ikutin. Suratnya ada masuk kemarin," jelas sumber acehimage.com yang tidak ingin namanya disebutkan.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...