Aktivis Perempuan, Yulindawati kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 9 Februari 2023 episode ke 50 Tahun ke 3 dengan tema: Pedagang Kaki Lima Tertindas, Benarkah LKMS Mahirah Muamalah Melakukan Praktek Lintah Darat di Nanggroe Syariah? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Masyarakat Gampong Keunaloe Peringati Maulid

SulaimanKhanduri Maulid Nabi Muhammad SAW
A A A

ACEHIMAGE.COM - Masyarakat Gampong Keunaloi Kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah yang dipusatkan di Gampong Keunaloi. Sabtu 15 Oktober 2022.

Keuchik (kepala desa) Gampong kenaloi Nurchalis SAg mengatakan, maulid ini juga dirangkai dengan penyerahan santunan kepada anak yatim. “Kita setiap tahun mengadakan maulid. Jadi kali ini yang diundang desa yang di kemukiman Seulimum katanya.

Selain itu, pada Sabtu malam, juga diisi dengan ceramah agama oleh Tgk Bulqaini dan juga turut diundang Desa tetangga kemukiman ,Mustika seulimum,pinpinna pasantren yang ada wilayah seulimum.

tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah pejabat lainnya, serta warga.

Nurchalis mengatakan, agenda maulid ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan rutin yang dilaksanakan masyarakat kenaloi setiap tahun. Pada tahun ini, telah dipersiapkan dan direncanakan yang juga merupakan ajang silaturrahmi.

Dalam sejarah kehidupan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin besar yang sangat luar biasa dalam memberikan teladan agung bagi umatnya. Oleh karena itu, harus diartikulasikan sebagai salah satu upaya transformasi diri atas kesalehan umat.

Transformasi tersebut yakni sebagai semangat baru untuk membangun nilai-nilai profetik agar tercipta masyarakat madani (civil society) yang merupakan bagian dari demokrasi, seperti toleransi, transparansi, anti kekerasan, cinta lingkungan, pluralisme, keadilan sosial, dan humanisme. Dikatakannya, bahwa sudah saatnya mulai memahami dan memperingati maulid secara lebih mendalam dan fundamental.

“Sehingga kita tidak hanya memahami dan memperingatinya sebatas sebagai hari kelahiran sosok nabi dan rasul terakhir yang sarat dengan serangan ritual-ritual sakralistik simbol keselamatan semata, namun menjadikanya sebagai kelahiran sosok pemimpin,” ucapnya.

Nurchalis mengukapkan di mana para pemuda gampong Keunaloi bekerja sama untuk mensuksen acara maulid ,dimana sebelum hari puncak telah melakukan kegiatan Iman Gampong Keunaloi Mahdi Abdul Rani mengukapkan dengan memperingatinya Maulid kita dapat mengingat kembali sifat-sifat dan keteladanan Rasulullah SAW untuk kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata

Pada awal kita merencanakan pelaksanaan maulid tepat pada 12 Rabi ulawal, dikarenakan ada kesempatan para tokoh khususnya kecamatan seulimum diadakan di Masjid maka kita laksanakan 18 Rabiul Awal.

Masih ungkapan Mahdi sebelum kami melaksanakan maulid dimana pada 12 Rabiul awal masyarakat Gampong Keunaloi melaksanakan seulawah di meunasah Gampong Keunaloi dengan berjamaah.

Maulid Nabi juga tradisi masyarakat Aceh yang telah berlangsung lama. Di Aceh dan Aceh Besar sendiri, maulid diperingati selama tiga bulan dan digelar secara besar-besaran dengan mengundang warga desa tetangga dan para anak yatim. Kegiatan yang sangat positif sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat ukhuwah antar sesama warga.

“Kita berkesempatan berkomunikasi dengan warga. Kita jadi tahu apa saja yang diinginkan masyarakat kota. Karena yang ingin kita kedepankan adalah pembangunan yang berbasis aspiratif,” tambah.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...