Selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Mari jadikan momentum ini sebagai bentuk memperbaiki diri serta mengikuti jejak baginda Rasul untuk kebaikan dunia dan akhirat, Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad.

Trail Aceh Lhee Sagoe

Masjid Indrapuri Saksi Bisu Peradaban Islam di Aceh

AK JailaniMasjid Indrapuri
A A A

ACEH BESAR – Masjid Tuha Indrapuri terletak di Desa Keude, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Rabu, 23 Juni 2021. Masjid Tuha Indrapuri dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1707-1636 atau pada 1618 Masehi. Sebelum dijadikan masjid, bangunan itu merupakan candi milik kerajaan Hindu– Budha (Pra-Islam) pertama di Aceh yang dibangun pada abad 10 Masehi. Oleh sebab itu, bangunan masjid tersebut memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan masjid-masjid lainnya yang berada di Aceh, karena terbangun di atas candi atau benteng.

Bangunan tua itu memiliki luas 33.875 meter persegi yang dilingkari oleh tembok bekas pondasi candi. Untuk bahan bangunan utama masjid itu sampai sekarang masih berkonstruksi kayu dan kubahnya berbentuk piramida memiliki empat tingkat yang berjarak antara dua hingga empat meter. Sedangkan untuk tinggi bangunan masjid yang masih dijadikan sebagai tempat ibadah warga sekitar itu mencapai 11,65 meter.

Selain itu, masjid itu memiliki 36 tiang penyangga, kayu yang menopang atap hingga saat ini masih kayu lama dan belum diganti. Sementara itu, di dalam masjid terdapat ukiran kaligrafi kuno
yang terdapat pada setiap sudut masjid. Masjid yang merupakan salah satu situs sejarah penting bagi perjalanan sejarah islam Aceh tersebut, dari Banda Aceh dengan jarak tempuh sekitar 30 Kilometer.

Untuk menuju ke lokasi bisa ditempuh melalui jalan lintas nasional Banda Aceh- Medan, dari Banda Aceh dapat dicapai dengan waktu tempuh sekitar 40 Menit baik itu dengan mengunakan angkutan umum ataupun angkuntan pribadi. Menurut catatan dalam agama Islam, Masjid Tuha Indrapuri yang memiliki empat tingkat ini memiliki makna tertentu, yakni mulai tentang syariat, tarekat, hakikat, dan makrifat. Tentang syariat yang dimaksud ialah hukum atau aturan Islam yang mengatur seluruh pola dan aturan kehidupan umat yang menganut agama Islam.

Tarekat dimaknai dengan jalan yang dilakukan untuk menjadi seorang yang bertaqwa. Untuk hakikat dimaknai dengan kepercayaan dan patuh kepada Allah. Terakhir makhrifat yaitu mengenal Allah lebih dekat. Dalam tasawuf tingkatan ini seperti seorang sufi yang telah mencapai maqam, atau telah mendapat martabat di hadapan Ilahi.  Pada 10 Masehi, wilayah Indrapuri merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Hindu Indrapurwa. Indrapurwa pernah difungsikan sebagai benteng pertahanan pada saat pendudukan Portugis dan Belanda di Aceh.

Literatur lain menyebutkan selain mendirikan kerajaan, orang-orang Hindu juga mendirikan Candi yang diberi nama Indrapuri, yang artinya Kuta Ratu. Lalu pada abab ke-12 Masehi, Kerajaan Hindu Lamuri perang dengan pasukan bajak laut dari Cina. Pada akhirnya perang dimenangkan oleh Kerajaan Lamuri atas bantuan Meurah Johan yaitu Pangeran dari Lingga (Gayo) yang
kemudian menjadikan Kerajaan Lamuri sebagai penganut Islam. Kemudian Kuil milik hindu diubah menjadi masjid sejak 1207 Hijriah atau 1618 Masehi di atas bekas reruntuhan Pura masa
pra Islam.

Kerajaan Lamuri Mengenai kerajaan Lamuri, berdasarkan catatan dari sumber asing dan prasasti, berdiri di masa antara abad 9 sampai 13 masehi. Lamuri disebut juga sebagai Ilamuridesam. Mengutip studi bertajuk "Ramni-Ilamuridesam: Kerajaan Aceh Pra-Samdura Pasai" dalam Jurnal Berkala Arkeologi Sangkhakala (Vol. 20, No. 2, 2017), bukti arkeologis soal keberadaan kerajaan Ilamuridesam (Aceh) adalah prasasti Tanjore (1030 Masehi). Prasasti Tanjore dikeluarkan Raja Kerajaan Cola Mandala, Tamil, India, yakni Rajendracola I. Dalam prasasti itu disebutkan bahwa Ilamuridesam salah satu daerah taklukan Sriwijaya yang berhasil dikuasai pasukan Rajendracola pada tahun 1024 Masehi, saat melancarkan serbuan ke Sumatera.

Foto udara yang dijepret melalui Drone Phantom 4 pro plus. Berikut foto-foto pilot drone AK Jailani.

Rubrik:FOTO

Komentar

Loading...