Konselor Adiksi Yayasan Rumoh Geutanyoe Aceh, Firdaus, narasumber peHTem edisi Senin 26 Juli 2021 episode 59 dengan tema: Rehabilitasi Bagi Pecandu Narkoba, dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Trail Aceh Lhee Sagoe

Masjid Indra Purwa Dibangun Atas Reruntuhan Pura

AK JailaniMasjid Indra Purwa
A A A

ACEH BESAR - Masjid Indra Purwa awalnya terletak di Gampong Lambaro Kemukiman Lam page yang kini sudah menjadi laut atau dekat Pulau Tuan. Pulau Tuan sendiri masih jelas terlihat sekira tiga kilometer dari bibir Pantai Lambadeuk.

Karena tergerus abrasi, Masjid Indrapurwa kemudian dipindah dari pertapakan semula, ratusan meter dari bibir pantai sehingga sisa pura yang menjadi pondasi awal masjid kini tak terlihat lagi. Makam-makam Hindu yang dulu ada di sekitarnya juga sudah lenyap ditelan laut.

Setahun pascatsunami masjid Indrapurwa dibangun kembali oleh Jepang dengan konstruksi beton. Bentuk dan arsitekturnya mengikuti gaya modern, tak lagi mengadopsi gaya lama yang berciri khas Indra. Di sudut pagar masjid didirikan tugu setinggi sembilan meter untuk menggambarkan ketinggian gelombang tsunami di sana.

Disampingnya ada sebuah prasasti yang berisi profil singkat Masjid Indrapurwa, tertulis dalam bahasa Aceh, Indonesia, dan Inggris.

Serupa dengan Masjid Indrapuri, Masjid Indrapurwa juga dibangun di atas pertapakan reruntuhan pura, tempat peribadatan umat Hindu Kerajaan Lamuri. Lamuri adalah cikal bakal Kerajaan Aceh Darussalam. Pura yang menjadi pondasi masjid ini diperkirakan dibangun sekira abad X.

Ketika Islam mulai berkembang di Aceh, Kerajaan Hindu Lamuri takluk dan berganti dengan Kerajaan Aceh Darussalam. Raja Ali Mughayat Syah yang sudah masuk Islam, dinobatkan sebagai
sultan pertama yang berkuasa dari 1496 hingga 1528 M. Rakyatnya kemudian ramai-ramai memeluk Islam, sejumlah pura yang ada pun diruntuhkan.

Foto udara yang dijepret melalui Drone Phantom 4 pro plus. Berikut foto-foto pilot drone AK Jailani.

Rubrik:FOTO

Komentar

Loading...