Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan kewenangan kepada 14 kabupaten/kota di Aceh bersama 88 Kabupaten/Kota lainnya yang berstatus zona hijau atau belum terdampak Covid-19, untuk membolehkan masyarakat melaksanakan kegiatan yang produktif.

Manfaatkan Pekarangan Rumah dengan Menanam

ISTIMEWADinas Produksi Holtikultura Aceh Timur, panen sayur selada di halaman Kantor tesebut. Rabu (15/4/2020).
A A A

ACEH TIMUR-Kabid Produksi Holtikultura pada Dinas Tanaman Pangan Holtikultura (Distara) Aceh Timur, Syahrul Sufi meminta kepada masyarakat Aceh Timur memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam sayur-sayuran.

“Karena pada umumnya perkarangan rumah di desa luas-luas, dari pada tumbuh rumput liar lebih baik dimanfaatkan untuk menanam sayur-sayuran. Selain dapat menghematkan pengeluaran kebutuhan rumah tangga, sayur yang dikonsumsi juga pasti segar-segar,” ujar Syahrul, Rabu,(15/4/2020).

Belum lama ini, pihaknya memanen sayuran selada yang ditanam dengan metode hidroponik dalam program Obor Pangan Lestari (Opal) di halaman Kantor Distara, selain sayur selada di halaman kantor tersebut, juga ditanam cabe dan sejum tanaman sayur laiannya.

"Dihalaman kantor ini. Kita baru saja panen perdana selada. Di sinilah bebagai tanaman telah berhasil ditanam berupa kangkung, terong, cabe merah, cabe rawit dan pepaya,"katanya.

Ia juga mengatakan bahwa panen perdana selada merupakan bagian program opal telah berhasil memanen aneka tanaman sayuran-sayuran yang dibudidaya secara hidroponik. Katanya, kelebihan menanam secara hidroponik yaitu masa panennya singkat.

“Untuk memanen sayuran ditentukan dengan masa panen. Tergantung jenis sayuran dan usia bervariasi, selada 32 hari, dan jenis Kangkung selama 28 hari, Untuk tanaman cabe rawit sekitar dan cabe merah 75 - 90 hari, " tutup Syahrul.

Syahrul berharap program dapat berjalan secara kontiyu dan dikembangkan kepada oleh masyarakat Aceh Timur, karane menurutnya, Program ini bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan gizi dengan biaya murah.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...