Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Mahasiswa STAIN Meulaboh Gelar Talkshow Pendidikan

SITI AISYAHMahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh (TDM) melakukan foto bersama.
A A A

ACEH BARAT - Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh (TDM) menggelar Talkshow Pendidikan dengan tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Peran Manajemen Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Era 21" Jumat 25 Oktober 2019.

Kegiatan yang di gelar di Taufik Kopi Meulaboh, menghadirkan narasumber tunggal Rahmad Syah Putra MPd MAg selaku praktisi dan peneliti bidang pendidikan.

Dalam materinya Ia mengatakan perkembangan teknologi merupakan salah satu tantangan yang harus di sikapi dalam dunia pendidikan, karena akhir-akhir ini sedang populer istilah disrupsi. Banyak yang beranggapan bahwa era disrupsi adalah hal yang menakutkan bagi para pendidik terutama dalam perkembangan teknologi.

“Apabila berbicara revolusi industri 4.0, kita bicara soal kesiapan dan tantangan kedepan. Tentu saja dunia pendidikan harus mampu mengikuti arus revolusi industri ini. Mengingat tuntutan para pendidik dan pemerhati pendidikan untuk mencetak dan menghasilkan generasi-generasi melenial yang akan mengisi era revolusi 4.0,”kata Rahmad dihadapan 50 peserta yang merupakan pengurus HMP Manajemen Pendidikan Islam STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Ia juga mengajak mahasiswa khususnya Prodi Manajemen Pendidikan Islam STAIN Meulaboh untuk merespon kebutuhan revolusi industri dengan mempersiapkan diri guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sehingga bisa bersaing di kancah global.

“Untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 diperlukan berbagai persiapan, salah satunya perbaiakan SDM yaitu dengan mengubah sikap dan pola pikir peserta didik saat ini, selanjutnya peran Sekolah dan pemerintah dalam mengembangkan minat dan bakat generasi penerus serta pengembangan institusi pendidikan tinggi untuk mengubah model dan pola-pola lama sistem pembelajaran dan penyempurnaan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini, " tambahnya.

Sementara itu, Ketua HMP Manajemen Pendidikan Zulhilmi, mengatakan kegiatan talkshow ini merupakan kegiatan rutin yang menjadi bagian dari program diskursus ilmiah dengan tujuan memperoleh dan mengkaji informasi baru tentang perkembangan terkini dunia pendidikan.

“Talkshow ini kegiatan rutin dari program diskursus ilmiah yang diselenggarakan oleh mahasiswa MPI STAIN Meulaboh untuk mendiskusikan hal-hal seputar isu-isu terbaru terhadap perkembangan dunia pendidikan,"pungkasnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...