Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh Syariah, Amal Hasan menjadi narasumber peHTem edisi Senin 10 Mei 2021 Episode 37 Tahun ke 2 dengan Tema: Sahuti Kebutuhan Masyarakat, Bank Aceh Luncurkan Kartu Debit yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Lomba Melengkan dan Syair Gayo Selesai, Ini Juaranya

Juara Lomba Melengkan Gayo
A A A

Perlombaan-perlombaan seperti yang kita lakukan hari ini akan memotivasi para generasi muda untuk terus belajar dan mencintai budaya yang sudah diwariskan secara turun-temurun ini

Dailami Wakil Bupati Bener Meriah

BENER MERIAH – Kampung Hakim Tungul Naru Kecamatan Bukit berhasil keluar sebagai Juara I lomba Melengkan Serah Rempele yang digelar Majelis Adat Gayo (MAG). Sementara Juara I kategori Melengkan Terime Rempele diraih oleh perwakilan Kampung Umah Besi Kecamatan Gajah Puti.

Keduanya berhasil mengalahkan puluhan peserta yang mengikuti lomba dalam rangka melestarikan adat dan budaya Gayo tersebut.

Perlombaan Mekengkan dan Syair Gayo yang berlangsung di Aula Sekretariat MAG Bener Meriah tersebut resmi ditutup kemarin, Sabtu, 10 April 2021.

Lomba Melengkan diikuti 27 peserta dan Syair Gayo dimeriahkan oleh 99 perwakilan dari seluruh kampung yang ada di Bener Meriah.

Kampung Tanjung Pura dari Kecamatan Bandar hanya mampu menyabet juara II dalam lomba Melengkan Serah Rempele. Disusul kemudian Kampung Blang Rakal Kecamatan Pintu Rime Gayo di posisi ketiga.

Kampung Geulumpang Weh Tenang Uken dari Kecamatan Permata hanya mampu meraih juara II dalam lomba Melengkan Terime Rempele, kemudian Kampung Bener Kelipah Utara Kecamatan Bener Kelipah berada di posisi ketiga.

Sementara juara pertama lomba Syair Gayo untuk kategori putra diraih oleh perwakilan Kampung Bener Kelipah Utara, Kecamatan Bener Kelipah. Selanjutnya Kampung Hakim Tungul Naru berada di posisi kedua, dan Kampung Amor Kecamatan Mesidah di posisi ketiga.

Selanjutnya juara pertama untuk lomba Syair Gayo kategori putri diraih Kampung Pondok Baru Kecamatan Bandar. Posisi kedua diraih Kampung Tanjung Pura dan juara III diraih Kampung Tembolon Kecamatan Syiah Utama.

Lomba budaya Gayo tersebut mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Bener Meriah. Lomba tersebut bahkan akan dijadikan program tahunan pemerintah Bener Meriah melalui Majelis Adat Gayo.

"Perlombaan-perlombaan seperti yang kita lakukan hari ini akan memotivasi para generasi muda untuk terus belajar dan mencintai budaya yang sudah diwariskan secara turun-temurun ini," kata Wakil Bupati Bener Meriah, Dailami.

Dailami mengatakan pemerintah membutuhkan dukungan dari seluruh pihak dalam upaya menanamkan adat-istiadat kepada generasi muda saat ini. Pihaknya pun membuka ruang kepada seluruh pihak untuk memberikan saran, masukan dan program konkrit kepada pemerintah daerah. "Karena hal tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama," ujar Dailami.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...