Ketua Lembaga Pemantau Pendidikan Aceh (LP2A), Dr. Samsuardi, MA, menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 3 Oktober 2022 episode ke 13 Tahun ke 3 dengan tema: Benarkah di Bawah Tangan Alhudri Pendidikan Aceh Terpuruk? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Perempuan Wajib Tahu

Lima Tips Agar Miss V Tetap Terjaga Saat Menstruasi

IstimewaIlustrasi perempuan saat menstruasi
A A A

ACEHIMAGE.COM - Ketika menstruasi datang, badan terasa kurang nyaman untuk bertindak banyak hal. Namun kebersihan miss V adalah yang utama. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi setelah masa menstruasi usai.

Menurut beberapa penelitian, saat menstruasi daerah miss V memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Selain itu akan lebih lembab dari biasanya. Hal ini membuat perhatian khusus harus diberlakukan pada masa menstruasi.

Berikut beberapa tips menjaga kebersihan Miss V selama menstruasi yang bisa dipraktikkan. Sebagaimana dikutip dari Boldsky.

1. Sering ganti pembalut
Jangan pernah pelit dalam penggunaan pembalut. Gantilah pembalut setiap tiga kali sehari, terutama menstruasi sedang banyak-banyaknya. Buang dan ganti pembalut dengan yang baru setelah beberapa jam tertentu untuk menghindari bau karena keringat dan iritasi kulit akibat pembalut yang lembap.

2. Cuci kemaluan dengan benar
Mandi dua kali sehari, mandi setelah berolahraga atau mengeluarkan keringat penting bagi Anda untuk membersihkan diri. Saat menstruasi, pastikan kemaluan juga selalu dibersihkan dengan baik.

3. Hati-hati dengan yang produk yang dikenakan
Hati-hati dengan yang Anda kenakan untuk alat kelamin Anda. Sebaiknya jangan gunakan sabun, apalagi yang berparfum, untuk membersihkan organ intim. Lebih baik bilas dengan air jernih.

4. Bersihkan tangan sebelum menyentuh pembalut
Anda harus selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut Anda.

5. Bersihkan pakaian atau seprai yang ternoda
Bersihkan atau segera rendam pakaian atau seprai bernoda dalam air sabun hangat dan cuci setelah beberapa menit. Pakaian bernoda yang ditumpuk lama akan membuat noda membandel dan bau tak sedap setelah dicuci.[]

Sumber:okezone.com
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...